Sejarah Hari Ini: 8 Januari 1324, Marco Polo Meninggal

Lukisan yang menggambarkan sosok Marco Polo dipajang di Palazzo Doria/Tursi, Genoa, Italia. (Wikimedia.org)
08 Januari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Marco Polo, seorang pedagang dan penjelajah dunia dari Italia yang pernah menyusuri Jalur Sutra, meninggal pada usia 69 tahun pada 8 Januari 1324. Ia merupakan sosok pedagang kaya raya yang terkenal melalui berbagai kisah perjalanannya yang menarik.

Marco Polo selalu mencatat segala kisah dari berbagai tempat yang pernah dikunjungi, termasuk Indonesia. Meninggalnya Marco Polo merupakan salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 8 Januari. Masih banyak peristiwa bersejarah lainnya yang terjadi pada 8 Januari setiap tahunnya.

Dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org, berikut Solopos.com menyajikan sejumlah peristiwa bersejarah pada 8 Januari yang dirangkum dalam Sejarah Hari Ini:

1815
Pertempuran antara Amerika Serikat (AS) dan Inggris meletus di New Orleans, Louisiana, AS. Pertempuran tersebut berlangsung selama 10 hari dan berakhir dengan kemenangan AS. Pasukan Inggris yang kalah lantas menarik semua tentaranya dari wilayah Louisiana.

1916
Sekutu mulai menarik pasukannya dari wilayah Gallipoli, Kesultanan Ottoman setelah gagal menguasainya. Pasukan Sekutu yang ingin merebut Gallipoli dari Kesultanan Ottoman telah mengepungnya selama selama hampir setahun. Namun kokohnya pertahanan Ottoman membuat pasukan Sekutu memilih mundur.

1926
Abdul Aziz bin Abdul Rahman Al Saud secara resmi dinobatkan sebagai raja di Kerajaan Nejd dan Kerajaan Hejaz. Beberapa tahun kemudian, ia menyatukan Kerajaan Nejd dan Kerajaan Hejaz dan kemudian dinamai sebagai Kerajaan Arab Saudi.

Elvis Aaron Presley. (Billboard.com)
1935
Elvis Aaron Presley lahir di Tupelo, Mississippi, Amerika Serikat (AS). Ia lantas dikenal luas sebagai penyanyi rock ‘n roll legendaris yang berkarier sejak 1953. Elvis meninggal dunia pada usia 42 tahun setelah hatinya mengalami pembengkakan.

1940
Pemerintah Inggris mulai memperkenalkan sistem penjatahan pangan untuk rakyatnya. Sistem itu terpaksa dilakukan demi mengatasi kelangkaan makanan di Inggris selama Perang Dunia II. Sebab kelangkaan makanan di Inggris itu salah satunya adalah kapal Inggris yang mengangkut persedian makanan dari negara lain kerap dibombardir pasukan Jerman.

1942
Stephen William Hawking lahir di Oxford, Inggris. Kini, namanya terkenal sebagai seorang profesor dalam bidang matematika di Universitas Cambridge dan anggota dari Gonville and Caius College, Cambridge. Nama Hawking juga dikenal sebagai seorang yang telah menyumbang berbagai teori di bidang fisika kuantum. Stephen Hawking meninggal dunia pada 14 Maret 2018 saat usianya 76 tahun.

1945
Pasukan Filipina mulai menyerang pasukan Jepang yang menduduki wilayah Ilocos Sur, Luzon Utara, Filipina. Pertempuran antara pasukan Jepang dan pasukan Filipina kemudian berlangsung selama beberapa hari dan menjadikannya salah satu pertempuran besar yang melibatkan pasukan Filipina dan Jepang.

1963
Lukisan Mona Lisa karya Leonardo da Vinci untuk kali pertama dipamerkan di Amerika Serikat (AS). Lukisan legendaris itu dipajang di Galeri Seni Nasional di Washington, D.C.

Kim Jong-un. (Reuters)
1983
Kim Jong-un lahir di Pyongyang, Korea Utara (Korut). Kini, ia dikenal sebagai pemimpin tertinggi di Korut sejak 2011 menggantikan ayahnya, Kim Jong-il yang meninggal dunia. Di usia 36 tahun, ia adalah kepala negara termuda di dunia saat ini.