Serjarah Hari Ini: 7 Januari 1965, Indonesia Keluar dari PBB

Penangkapan gerilyawan Indonesia di dekat Sungai Kesang, Terendak, Malaka, pada masa Konfrontasi Indonesia/Malaysia, 29 Oktober 1964. (Wikimedia.org)
07 Januari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Presiden Soekarno secara tegas menyatakan Indonesia keluar dari keanggotaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB), 7 Januari 1965. Hal itu terjadi lantaran Malaysia diterima menjadi anggota tidak tetap Dewan Keamanan PBB. Pasalnya, Soekarno menilai Malaysia hanya merupakan negara boneka bentukan Inggris.

Keluarnya Indonesia dari keanggotaannya di PBB itu menjadi salah satu peristiwa bersejarah yang terjadi pada 7 Januari. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Ilustrasi pemilu pertama di AS. (Drivethruhistory.com)
1789
Untuk kali pertama, Amerika Serikat (AS) mengadakan pemilihan umum (pemilu). AS merupakan negara demokrasi representatif yang melalukan pemilu sejak disahkannya Konstitusi AS pada 1787.

1959
Pemerintah Amerika Serikat (AS) mengakui pemerintahan Kuba yang baru di bawah kepemimpinan Fidel Castro. Castro merupakan sosok revolusioner yang berusaha membangun Kuba menjadi negara maju dengan memusatkan perhatian pada pemeliharaan kesehatan dan pendidikan gratis untuk semua masyarakat.

1984
Brunei Darussalam menyatakan diri bergabung dengan Association of Southeast Asian Nations (ASEAN) atau Perhimpunan Bangsa-Bangsa Asia Tenggara. Brunei Darussalam menjadi negara keenam yang bergabung setelah organisasi tersebut didirikan atas hasil kesepakatan lima negara, yakni Indonesia, Filipina, Malaysia, Singapura dan Thailand pada 8 Agustus 1967.

1985
Lewis Carl Hamilton lahir di Stevenage, Inggris. Kini, namanya dikenal sebagai pembalap dalam kejuaraan Formula 1. Hamilton suskses menjadi pembalap kulit hitam pertama yang sukses memenangi ajang F1 pada 2008.

1989
Kaisar Jepang, Hirohito, meninggal dunia pada usia 87 tahun akibat penyakit kanker usus yang dideritanya. Hirohito merupakan orang terlama yang pernah bertakhta sebagai kaisar di Jepang, yakni dari 1926 hingga 1989. Selain itu, ia merupakan salah satu tokoh penting pada massa Perang Dunia II.

1990
Pemerintah Italia untuk kali pertama menutup lokasi wisata Menara Miring Pisa. Hal itu disebabkan lantaran beberapa peneliti menilai struktur bangunan tersebut sangat rapuh yang menyebabkan menara itu kian miring. Para peneliti menyebut kemiringan itu disebabkan tanah di bagian utara dan selatan menara tersebut semakin lembek.

Eden Hazard. (Reuters-Stefan Wermuth)
1991
Eden Hazard dilahirkan di La Louviere, Belgia. Namanya kemudian terkenal sebagai pemain sepak bola yang membela klub besar di Inggris, Chelsea. Sejak bergabung dengan Chelsea pada 2012, Hazard telah mencetak 75 gol dari 215 penampilannya di Liga Inggris.

2009
Rusia menghentikan pengiriman pasokan gas ke Ukraina. Hal itu terjadi lantaran Ukraina belum membayar hutang kepada Gazprom, perusahaan gas alam terbesar di Rusia sebesar US$2,5 miliar atau sekitar Rp33,4 triliun. Hal itu membuat sejumlah negara di Eropa turut merasakan imbasnya. Pasalnya, sebagaian besar negara di Eropa sangat bergantung pada pasokan gas alam daro Gazprom.

2014
Hillary Clinton menerima sejumlah surat elektronik dari sejumlah kelompok yang mendesaknya untuk mencalonkan diri sebagai presiden Amerika Serikat (AS) pada 2016. Desakan tersebut akhirnya dipenuhi Clinton dengan memantapkan dirinya maju di pilpres AS. Sayangnya, hasil pilpres tersebut menyatakan dirinya kalah dari pesaingnya, Donald Trump.