Sejarah Hari Ini: 6 Januari 1929, Bunda Teresa Memulai Misi di India

Anjeze Gonxhe Bojaxhiu atau yang dikenal sebagai Bunda Teresa. (Biography.com)
06 Januari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Tepat pada 6 Januari 1929, Anjeze Gonxhe Bojaxhiu yang masih berusia berusia 19 tahun tiba di Kalkuta, India untuk memulai misinya menolong orang miskin serta orang sakit di India.

Perempuan yang kemudian dikenal sebagai Mother Teresa atau Bunda Teresa itu kemudian semakin aktif di bidang tersebut dan terkenal sebagai biarawati yang kerap mengadakan kegiatan kemanusiaan serta advokasi bagi orang miskin.

Bunda Teresa meninggal dunia pada usia 87 tahun di Kalkuta, 5 September 1997. Kini, ia telah ditahbiskan sebagai Santa Teresa dari Kalkuta oleh Gereja Katolik.

Tibanya Bunda Teresa di Kalkuta untuk memulai misinya menolong orang miskin itu merupakan satu dari sekian banyak peristiwa bersejarah yang terjadi pada 6 Januari dari tahun ke tahun. Berikut ini Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa bersejarah yang terjadi pada 6 Januari yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

Khalil Gibran. (Indiatoday.com)
1883
Khalil Gibran lahir di Basyari, Lebanon. Namanya kemudian dikenal sebagai seniman, penyair, dan penulis yang menghabiskan waktu hidupnya di Amerika Serikat (AS). Tempat kelahiran Gibran, Basyari, merupakan suatu daerah yang kerap dilanda gempa bumi, petir, dan badai yang akhirnya memengaruhi beberapa karyanya yang banyak menggambarkan tentang suasana alam. Gibran meninggal dunia di New York, AS, 10 April 1931.

1858
Samuel Finley Breese Morse, seorang pelukis dan ilmuwan Amerika Serikat (AS) berhasil membuat telegraf listrik pertama di dunia. Bersama asistennya, Alexander Bain, ia membuat huruf khusus yang dipakai menulis pesan di telegraf yang dikenal dengan kode morse.

1919
Presiden ke-26 Amerika Serikat (AS), Theodore Roosevelt, meninggal pada usia 60 tahun di Oyster Bay, New York. Ia memangku jabatan sebagai presiden AS selama dua periode, sejak 1901 hingga 1909.

1942
Pan American Airlines menjadi maskapai penerbangan komersial pertama yang melayani rute mengelilingi dunia. Pada masa Peang Dunia II, pesawat yang dipakai untuk mengelilingi dunia milik Pan American Airline digunakan untuk keperluan militer.

1972
Irfan Fahri Lazuardy lahir di Bandung, Jawa Barat (Jabar). Ia kemudian dikenal sebagai salah satu penyanyi kondang dan merupakan vokalis grup musik BIP dengan nama panggung Ipang. Sebelum bergabung dengan BIP, Ipang sempat menjadi vokalis grup musik Plastik Band.

1995
Pemerintah Filipina berhasil menemukan rencana pengeboman yang akan dilakukan oleh sekelompok teroris. Kelompok teroris yang dipimpin oleh Ramzi Yousef itu rencananya akan meledakkan 12 pesawat Amerika Serikat (AS) yang lepas landas dari Filipina menuju negara-negara di Asia Timur.

George Walker Bush. (Whitehouse.gov)
2001
George Walker Bush dinyatakan sebagai pemenang pemilihan presiden di Amerika Serikat (AS) setelah mengalami perdebatan panjang tentang kisruh surat suara di kawasan Florida. Sekitar dua pekan kemudian, ia dilantik menjadi presiden ke-43 AS.

2006
Kawasan di sebelah barat Tiongkok mengalami musim dingin terburuk dengan suhu udara mencapai -43 derajat celcius. Sementara ketebalan salju mencapai 60 cm yang membuat hampir seluruh bangunan rusak. Fenomena langka itu kabarnya hanya terjadi setiap 25 tahun sekali. Akibatnya, seluruh aktivitas warga di kawasan tersebut lumpuh total.

2013
Pemerintah Amerika Serikat (AS) diduga sengaja mengirim pesawat tanpa awak untuk meyerang warga Pakistan di wilayah Waziristan. Pesawat yang membawa rudal itu menewaskan delapan warga. Hal itu membuat Presiden Pakistan, Mahmoud Abbas, murka.