4 Warga Karanganyar Terseret Ombak Pantai Parangtritis, 1 Hilang

Ilustrasi gelombang tinggi. (Antara / Seno)
06 Januari 2019 21:02 WIB Hafit Yudi Suprobo Nasional Share :

Solopos.com, BANTUL -- Empat orang wisatawan asal Mojogedang, Karanganyar, terseret ombak saat bermain di Pantai Parangtritis, Kretek, Bantul, Minggu (6/1/2018) siang. Tiga orang selamat dalam kejadian itu, namun satu orang lainnya dalam pencarian tim SAR.

Pada pukul 17.00 WIB petugas piket Kantor Pencarian dan Pertolongan Yogyakarta mendapatkan info dari SAR Dit Polair Polda DIY bahwa pada pukul 13.30 ada orang terseret ombak di Pantai Parangtritis. Para korban yang terseret ombak merupakan rombongan dari Nglebak, Munggur, Mojogedang, Karanganyar.

Mereka selamat adalah Malik Sadikin Nugroho,26; Saryono, 20; dan Bambang Irawan, 18. Sedangkan korban yang hilang adalah Prasetyo, 18. Korban datang bersama rombongan yang naik sebuah bus dari Karanganyar.

Kejadian itu berawal saat keempat korban bermain di area dekat palung. Sebenarnya mereka sudah diperingatkan oleh petugas yang berjaga di pantai, namun tidak menghiraukan peringatan itu.

Nahas bagi keempat pemuda itu, ombak menyeret mereka ke palung menuju ke tengah laut. Petugas yg berada di pantai langsung memberi pertolongan kepada Malik dan Saryono menggunakan pelampung dan papan surfing. Sedangkan Bambang dan Prasetyo terbawa arus ke tengah.

Petugas penjaga pantai bisa menolong Bambang dan mengevakuasinya menggunakan perahu nelayan. Sementara itu, Prasetyo belum ditemukan dan masih dalam pencarian oleh POS AL Samas, Dit Polair Polda DIY, SAR Sarlinmas Parangtritis, dan nelayan setempat.

Sumber : Harian Jogja