Warga Muhammadiyah Diwajibkan Nyoblos, Dilarang Golput

Ilustrasi. (Bisnis/Dok)
06 Januari 2019 19:30 WIB Ujang Hasanudin Nasional Share :

Solopos.com, BANTUL — Pimpinan Daerah Muhammadiyah (PDM) Bantul menyerukan kepada semua warga Muhammadiyah untuk menyukseskan hajatan Pemilu 2019 mendatang. Salah satunya dengan menggunakan hak suara pada saat pencoblosan April 2019 mendatang.

"Warga Muhammadiyah tidak boleh pasif tapi harus berpartisipasi mengunakan hak suara," kata Ketua PDM Bantul, Sahari, di sela-sela acara silaturahmi keluarga besar Muhammadiyah di Lapangan Paseban, Bantul, Minggu (6/1/2018).

Sahari mengatakan pemilu merupakan salah satu sarana demokrasi yang diselenggarakan negara yang wajib didukung oleh semua pihak, termasuk Muhammadiyah. Namun, dukungan Muhammadiyah hanya sebatas menyukseskan pemilu tanpa terlibat dalam politik praktis di dalamnya.

Sebab, kata dia, Muhammadiyah bukan organisasi politik meski banyak warga Muhammadiyah banyak yang terjun di dunia politik. “Soal pilihan politik, kami serahkan kepada warga Muhammadiyah sesuai hati nurani masing-maing. Ajakan kami tidak ada, kecuali menyukseskan pemilu," kata Sahari.

Acara silaturahmi warga Muhammadiyah yang diisi sengan jalan sehat tersebut dihadiri lebih dari 15.000 orang. Sahari mengatakan silaturahmi warga Muhammadiyah merupakan acara rutin setiap momen milad Muhammadiyah. Sesuai tema milad Muhammadiyah, yakni Ta'awun untuk Negeri, ia menegaskan Muhammadiyah berkeinginan menggelorakan semangat tolong-menolong dan membangun kebersamaan agar Indonesia menjadi negeri aman dan nyaman.

Lebih lanjut Sahari mengatakan Muhammadiyah dalam konteks keumatan, kebangsaan, dan kemanusiaan terus menggelorakan praktik keislaman melalui program-program kemanusiaan, pendidikan, kesehatan, dan pelayanan sosial. "Harapannya Muhammadiyah selalu bermanfaat untuk umat serta membawa masyarakat yang berkemajuan," kata Sahari.

Sumber : Harian Jogja