Rp80 Juta Demi Kencani Vanessa Angel? Psikolog: Lebih Menantang

Unggahan Vanessa Angel di Instagram Story.
06 Januari 2019 18:40 WIB Newswire Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Polda Jatim mengungkap kasus prostitusi dalama jaringan yang melibatkan dua artis ibu kota di Surabaya, Sabtu (5/1/2018). Untuk Vanessa Angel diduga dibayar Rp80 juta dan AS Rp25 juta untuk sekali kencan. Apa yang mendorong orang bisa merogoh uang sebanyak itu demi kencan dengan artis?

Kasubdit V Cyber Crime Distreskrimsus Polda Jawa Timur AKBP Harissandi menyatakan penyewa jasa prostitusi dari artis Vanessa Angel (VA) yang mereka ungkap adalah seorang pengusaha asal Surabaya. Pengusaha itu telah diperiksa oleh polisi.

"Pengusaha di Surabaya. Dia juga kami periksa, bersama satu orang temannya dengan status saksi," kata Harissandi, di Mapolda Jatim, di Surabaya, Minggu (6/1/2018).

Psikolog asal Universitas Indonesia (UI), Mira Amir‎, melihat adanya unsur kepuasan tersendiri bagi seorang konsumen yang mendapatkan barang langka ataupun mahal. Eksklusifitas untuk dapat mengencani Vanessa Angel membuat kepuasan seorang pengusaha tersebut rela membuang uang hingga Rp80 juta.

"Ya ada kepuasan tersendiri, eksklusifitas menjadi kepuasan tersendiri yang memang ‎secara ekonomi mumpuni. Enggak cuma untuk konsumsi seks, seperti mobil hanya diproduksi sepuluh di dunia, limited, cepat sold," kata Mira, Minggu (6/1/2019).

Menurut Mira, semakin mahal atau langka barang yang didapatkan, maka bagi sebagian orang menjadi tantangan sendiri untuk mendapatkannya. Dari segi psikologi, kata Mira, orang rela mengeluarkan berapapun uangnya ketika berhasil mengalahkan tantangan itu.

"Kita pikir gila ya, barang segitu, siapa yang mau bayar. ‎Jadi memang semakin sulit didapat karena kelangkaan atau memang karena nilainya mahal, ini kan, maaf, pelacuran ini di-high class, membuat orang merasa tertantang," terang Mira.

"Kalau gampang kan, ah udah banyak yang punya. Eksklusifitas itu yang memberikan kepuasan tersendiri. Mereka merasa tertantang," sambungnya.‎

Hingga kini, jajaran Polda Jatim masih memeriksa intensif Vanessa Angel maupun Avriella Shaqqila dan belum menetapkan status hukum keduanya. Sejauh ini, baru satu muncikari Vanessa Angel dan Avriella Shaqqila yang telah ditetapkan sebagai tersangka.

Sumber : Okezone, Antara