Ketua DPR: Hoaks 7 Kontainer Kertas Suara Tercoblos Dirancang Sejak Dini

Ketua DPR Bambang Soesatyo. (Antara / Elang Senja)
04 Januari 2019 18:10 WIB John Andhi Oktaveri Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA -- Penyebaran hoaks terkait tujuh kontainer asal China yang mengangkut surat suara tercoblos dinilai serius. Ketua DPR Bambang Soesatyo (Bamsoet) menilai ada upaya terencana untuk merusak stabilitas pertahanan dan kemananan nasional (Hankamnas) menjelang Pilpres 2019.

"Upaya merusak stabilitas Hankamnas dan ketertiban umum masih berlanjut. Di awal tahun 2019 ini, upaya merusak stabilitas Hankammas itu dilakukan dengan menyebarluaskan hoaks tentang tujuh kontainer berisi surat suara pemilu yang sudah tercoblos," kata Bamsoet, Jumat (4/1/2018).

Dia menilai aksi penyebaran hoaks itu tidak bisa ditolerir karena jelas-jelas ingin merusak proses persiapan pelaksanaan Pemilu 2019. Bahkan dia menduga penyebaran isu tersebut telah dirancang sejak dini.

Bambang menilai hoaks tersebut patut dilihat sebagai benih instabilitas yang secara sistematis ditumbuhkembangkan untuk membangun persepsi di ruang publik. Pesannya, seolah-olah ada pihak yang jauh-jauh hari sudah berbuat curang demi meraih kemenangan pada Pilpres dan Pileg 2019.

"Karena itu, saya sebagai pimpinan DPR mendesak penegak hukum untuk menindak tegas penyebar hoaks dan siapa pun yang berada dibalik aksi yang brutal ini," ujarnya.

Bambang yang merupakan politikus Partai Golkar itu menilai persepsi kecurangan itu yang nantinya akan dijadikan alasan atau pijakan untuk menggelar aksi atau gerakan yang mengacaukan proses pemungutan dan perhitungan suara.

Sumber : Bisnis/JIBI

Kolom 19 hours ago

Pesan dari Kyoto