Ini Respons Jokowi Soal Hoaks 7 Kontainer Surat Suara

Presiden Joko Widodo saat meninjau salah satu lokasi rehabilitasi irigasi di Sungai Lodoyo, Blitar, Jawa Timur, Kamis (3/1 - 2019). (Antara/Irfan Anshori)
03 Januari 2019 20:30 WIB Amanda Kusumawardhani Nasional Share :

Solopos.com, BLITAR -- Presiden Joko Widodo (Jokowi) mengajak masyarakat untuk menjaga ketenangan hingga masa kampanye yang berakhir pada April tahun ini. Imbauan tersebut diungkapkan Jokowi merespons beredarnya hoaks surat suara pemilu sebanyak tujuh kontainer yang telah tercoblos untuk pasangan Jokowi-Ma'ruf Amin.

"Ya itulah. Ini kan hoaks. Kartu itu kan belum dicetak, sudah muncul fitnah-fitnah seperti itu," kata Jokowi di Blitar, Kamis (3/1/2019).

Jokowi mengajak masyarakat menghindari fitnah-fitnah semacam itu guna menghindari potensi konflik menjelang Pemilu Presiden (Pilpres) 2019 pada April mendatang. "Semuanya harus sejuk dalam menyampaikan hal-hal yang berkaitan dengan politik sehingga tidak menjadi pikiran-pikiran jelek dari masyarakat," ujarnya.

Jika hoaks semacam itu berlanjut, Jokowi menyebut hal itu bisa berujung pada masalah hukum. Sebelumnya, politikus Partai Demokrat Andi Arief dalam cuitannya menyebutkan soal isu tersebut dan meminta pihak terkait melakukan pengecekan. 

"Mohon dicek kabarnya ada 7 kontainer surat suara yg sudah dicoblos di tanjung priok. Supaya tidak fitnah harap dicek kebenarannya. karena ini kabar sudah beredar," cuit Andi Arief pada akunnya dengan tanda waktu 1/2/19, 9:05 PM. Namun, belakangan cuitan itu tidak ada lagi.

Sumber : Bisnis/JIBI