Israel Negara Paling Dikecam di 2018

Bendera Israel (Reuters)
02 Januari 2019 19:05 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, TEL AVIV – Israel menjadi negara yang paling dikecam oleh anggota Persatuan Bangsa-Bangsa (PBB) sepanjang 2018. Majelis Umum PBB meloloskan sekitar 20 resolusi terhadap Israel terkait pelanggaran hak asasi, permukiman ilegal di Palestina, dan pendudukan paksa di Yerusalem Timur.

Mengutip kantor berita Anadolu, Rabu (2/1/2019), resolusi yang dikeluarkan PBB pada awal 2019 adalah mencari jalan keluar untuk mengatasi konflik Israel-Palestina. Selain itu, PBB juga sangat mengecam pendudukan Israel di wilayah Dataran Tinggi Golan milik Suriah.

Sebenarnya, Israel merebut Dataran Tinggi Golan dari Suriah pada perang 1967 silam. Selanjutnya, mereka menduduki wilayah itu secara sepihak yang menuai kecaman masyarakat internasional.

Selain itu, sekitar 600.000 warga Israel tinggal di permukiman ilegal di wilayah Palestina yang membuat konflik kedua negara semakin panas.

Apalagi beberapa bulan terakhir Israel terus membangun permukiman ilegal di tanah Palestina. Tindakan ini jelas melanggar hukum internasional dan bertentangan dengan resolusi Dewan Keamanan PBB. Meski demikian, Israel tetap saja melakukan hal tersebut karena didukung Amerika Serikat.

Melalui Duta Besarnya di PBB, Nikki Haley, Amerika Serikat terus mengecam kelompok pejuang Palestina, Hamas. Dia menyebut kelompok tersebut gagal mendapat dukungan PBB. Meski demikian, Nikki Haley tidak memungkiri jika PBB sangat sering mengecam Israel.