Sejarah Hari Ini: 2 Januari, Jepang Kuasai Filipina

Pemakaman korban pertempuran antara Jepang dan Amerika Serikat di Filipina sebelum Jepang benar/benar menguasai Filipina, Mei 1942. (Wikimedia.org)
02 Januari 2019 00:20 WIB Ginanjar Saputra Internasional Share :

Solopos.com, SOLO — Pasukan Jepang berhasil menguasai ibu kota Filipina, Manila, untuk menguasai seluruh wilayah negara tersebut. Filipina kemudian dikuasai Jepang hingga akhirnya baru merdeka pada 4 Juli 1946.

Peristiwa itu merupakan salah satu dari sekian banyak peristiwa yang terjadi pada 2 Januari. Berikut ini, Solopos.com merangkum sejumlah peristiwa itu dalam Sejarah Hari Ini, 2 Januari, yang dihimpun dari Thepeoplehistory.com dan Wikipedia.org:

366
Pasukan Suku Alemanni dari wilayah Jerman melintasi Sungai Rhine yang membeku demi menginvasi wilayah Kekaisaran Romawi. Pada invasi tersebut, Suku Alemanni bertujuan untuk memperluas wilayah kekuasaan serta mencegah Kekaisaran Romawi menguasai kawasan kekuasaan suku-suku di Jerman bagian utara. Akibat invasi itu, pasukan Suku Alemanni terlibat banyak pertempuran dengan pasukan Kekaisaran Romawi hingga abad keenam.

1492
Pasukan pertahanan terakhir di wilayah Keamiran Granada secara resmi menyerah kepada pasukan Kerajaan Kastilia setelah wilayah Granada diserbu selama 10 tahun. Akibatnya, Keamiran Granada yang berdiri sejak 1238 runtuh dan dikuasai Kerajaan Kastilia.

1777
Pasukan Amerika Serikat (AS) pimpinan George Washington berhasil memukul mundur pasukan Inggris yang dipimpin Charles Cornwallis dalam Pertempuran Assunpink Creek di dekat Trenton, New Jersey. Salah satu satu pertempuran di masa Perang Kemerdekaan AS itu menelan sedikitnya 55 korban jiwa dari kubu Inggris dan tujuh korban jiwa dari pihak AS. Kekalahan itu juga membuat Inggris menarik pasukannya dari wilayah New Jersey.

Senjata pasukan Jepang yang digunakan pada Pengepungan Port Arthur, 1095. (Wikimedia.org)
1905
Pasukan Kekaisaran Jepang berhasil mengalahkan pasukan Kekaisaran Rusia di Port Arthur, Tiongkok setelah meklakukan pengepungan selama lebih dari lima bulan. Hasil dari salah satu pengepungan di masa Perang Rusia-Jepang itu membuat Rusia harus menyerahkan wilayah Port Arthur kepada Jepang sekaligus menjadi tanda kekalahan Rusia pada perang tersebut.

1941
Pasukan Jerman menyerang wilayah Cardiff, Wales dan menyebabkan Katedral Llandaff rusak parah. Katedral itu kemudian segera diperbaiki namun tak sampai selesai sebelum akhirnya kembali diperbaiki pada 1942. Selain katedral yang rusak, serangan itu juga menewaskan 167 orang yang kebanyakan adalah warga sipil.

1942
Federal Bureau of Investigation (FBI) menahan 33 orang anggota jaringan mata-mata Jerman untuk Amerika Serikat (AS) yang dipimpin Fritz Joubert Duquesne. Peristiwa itu merupakan pengungkapan kasus mata-mata terbesar sepanjang sejarah AS.

1945
Kota Nuremberg di Jerman dibombardir pasukan Sekutu melalui serangan udara demi melumpuhkan pasukan pertahanan Jerman. Beberapa bulan kemudian, pasukan Sekutu menginvasi Nuremberg dan memicu Pertempuran Nuremberg pada 16 April hingga 20 April 1945 dan berakhir dengan kemenangan Sekutu atas Jerman.

1963
Pasukan Vietnam Utara berhasil mengalahkan pasukan Vietnam Selatan dalam pertempuran di Ap Bac Hamlet, Provinsu Dinh Turong, Vitenam Selatan. Atas kemenangan itu pasukan Vietnam Utara berhasil merebut wilayah Ap Bac Hamlet dari Vietnam Selatan. Kemenangan tersebut merupakan kemenangan terbesar pertama yang diraih pasukan Vietnam Utara selama Perang Vietnam.

Maximiliano Ruben Rodriguez. (Liverpoolfc.com)
1981
Maximiliano Ruben Rodriguez lahir di Rosario, Santa Fe, Argentina. Ia kemudian dikenal luas sebagai pemain sepak bola yang pernah membela salah satu klub besar di Inggris, yakni Liverpool, sejak 2010 sampai 2012. Setelah hengkang dari Liverpool, pria yang akrab disapa Maxi itu membela klub sepak bola di tanah kelahirannya, Newell's Old Boys.