Suriah Tembak Rudal Israel di Damaskus

Serangan rudal Suriah ke Israel di Damaskus (Reuters/Omar Sanadiki)
26 Desember 2018 17:05 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, DAMASKUS – Pasukan militer Suriah dilaporkan menembak jatuh sejumlah rudal Israel di dekat Kota Damaskus, Selasa (25/12/2018). Serangan tersebut dilakukan karena sebagian rudal Isreal melukai tiga tentara dan merusak fasilitas militer milik Suriah.

"Sistem pertahanan udara Suriah mencegat rudal musuh yang diluncurkan pesawat tempur Israel dari wilayah Lebanon," demikian laporan resmi dari kantor berita Suriah, SANA, yang dikutip Reuters, Rabu (26/12/2018).

Rekaman video yang viral di media sosial menunjukkan ada benda bercahaya bergerak di kawasan dekat Kota Damaskus, Suriah. Selanjutnya terdengar ledakan keras serta diikuti suara tembakan.

Sampai saat ini, Israel menolak mengomentari laporan tersebut. Tetapi, mereka mengaktifkan pertahanan udara sebagai respons terhadap rudal yang diluncurkan Suriah.

Isreal memang telah beberapa kali meluncurkan rudal ke wilayah Suriah. Hal itu dilakukan untuk menyerang militer Iran dan mencegah pengiriman senjata ke Hizbullah—kelompok militan Lebanon yang didukung Iran. Sebagian besar rudal tersebut menargetkan wilayah Damaskus.

Lembaga pemantau hak asasi manusia di Suriah yang berbasis di Inggris menyatakan rudal Israel menargetkan wilayah barat dan pinggiran Kota Damaskus. Beruntung tidak ada korban jiwa dalam serangan tersebut.

Kolom 3 hours ago

Spekulasi