Bisnis
Jumat, 26 April 2024 - 17:00 WIB

5 Jenis Cicilan dan Pinjaman Positif yang Wajib Kalian Tahu

Redaksi Solopos.com  /  Anik Sulistyawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi cicilan dan pinjaman positif. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO – Di era digital seperti sekarang, mengajukan cicilan dan pinjaman memang terkesan cukup dimudahkan, karena hadirnya Fintech yang memudahkan akses orang-orang untuk menikmati layanan tersebut.

Namun, saking mudahnya kini mengambil cicilan dan pinjaman secara online terkesan negatif, karena penggunaannya yang tidak bijak. Padahal, cicilan dan pinjaman bisa diibaratkan dua sisi mata uang, tentu ada sisi positifnya juga. Lalu, apa saja jenis cicilan dan pinjaman yang positif? Berikut ulasannya.

Advertisement

1. Pinjaman pendidikan

Rela untuk mengambil cicilan dan pinjaman untuk mengembangkan kompetensi pada diri sendiri adalah bentuk utang yang positif. Biasanya, pinjaman pendidikan ini diambil oleh para orang tua, ketika ingin masuk sekolah ataupun kuliah.

Tidak bisa dimungkiri, biaya pendidikan di Indonesia, terutama lembaga swasta yang bertaraf internasional, memang cukup merogoh kantong. Namun, demi masa depan yang lebih baik, pinjaman pendidikan tergolong positif untuk diambil.

Advertisement

Tidak bisa dimungkiri, biaya pendidikan di Indonesia, terutama lembaga swasta yang bertaraf internasional, memang cukup merogoh kantong. Namun, demi masa depan yang lebih baik, pinjaman pendidikan tergolong positif untuk diambil.

2. Cicilan gadget atau alat elektronik

Siapa bilang cicilan untuk gadget atau alat elektronik seperti kulkas, tv, ac, mesin cuci dan lain sebagainya digolongkan sebagai cicilan konsumtif? Cicilan ini bisa berubah menjadi positif, jika dinilai dari penggunaanya.

Contoh, jika Anda ingin mengganti HP, pastikan Anda membeli HP yang sesuai dengan kebutuhan dan cicilannya sesuai dengan kemampuan bayar Anda setiap bulannya. Cicilan ini bisa menjadi negatif apabila Anda ingin membeli HP keluaran baru demi ikut-ikutan tren saat ini saja.

Advertisement

Daripada menggunakan uang sehari-hari atau mengais uang tabungan, memanfaatkan cicilan dan pinjaman masih digolongkan sebagai utang positif. Apalagi jika Anda memanfaatkan cicilan dan pinjaman dari Kredivo.

Sebab, Kredivo memiliki layanan cicilan 1 dan 3 bulan, dengan bunga 0% untuk membeli parts Laptop yang rusak atau cicilan bunga rendah mulai dari 2,6%, tenor 6 dan 12 bulan untuk membeli laptop baru, yang bisa Anda gunakan di Bukalapak, BliBli, Lazada, iBox, Digimap dan ribuan merchant lainnya.

Dengan cara ini, dijamin arus keuangan Anda lebih lancar jika Anda memperhitungkannya dengan baik, dan menggunakan pinjaman dengan bijaksana.

Advertisement

4. Pinjaman untuk modal kerja

Definisi pinjaman modal kerja di sini adalah pinjaman untuk segala hal yang dibutuhkan dalam bekerja, tapi belum bisa terpenuhi karena Anda belum punya uang cash yang tersedia. Misalnya, Anda diterima kerja di luar kota, dengan jenjang karir dan gaji yang lebih baik, tetapi tidak memiliki modal untuk transportasi ke kota tersebut, biaya tempat tinggal dan lain sebagainya.

Atau Anda diterima sebagai graphic designer, yang membuat Anda harus upgrade laptop demi kelancaran pekerjaan. Nah, ini pinjaman ini juga masih tergolong positif, ya.

5. Pinjaman untuk mengembangkan bisnis

Bagi Anda para pengusaha, pinjaman bisa melancarkan jalannya bisnis supaya berkembang bahkan ekspansi lebih besar lagi. Misalnya, Anda pemilik konveksi sablon dan jahit, sudah berjalan dan cukup dipercaya oleh pelanggan untuk membuat ribuan kaos, sedangkan alat yang Anda miliki tidak sanggup untuk memenuhi demand pelanggan.

Advertisement

Nah, pinjaman untuk mengembangkan bisnis konveksi di atas, dengan menambah alat yang dibutuhkan juga tergolong pinjaman yang positif, ya. Nah, seperti itulah jenis-jenis utang positif yang bisa Anda terapkan ketika ingin mengajukan cicilan dan pinjaman dari lembaga keuangan manapun.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif