Pengawalnya Usir Direktur Walhi Jabar, Ridwan Kamil: Saya Enggak Lihat

Ridwan Kamil. (Instagram/ridwankamil)
13 November 2018 18:30 WIB Wisnu Wage Pamungkas Nasional Share :

Solopos.com, BANDUNG -- Gubernur Jabar Ridwan Kamil mengaku tidak tahu-menahu soal insiden pengusiran Direktur Eksekutif Walhi Jabar Dadan Ramdan dari arena Musrenbang RPJMD Jabar di Ballroom Trans Luxury Hotel, Bandung, Selasa (13/11/2018).

"Nggak tahu ada apa ya? Ya tinggal diterima saja. Saya nggak ngerti, saya nggak ngelihat, enggak paham. Jadi jangan tanya hal teknis yang tidak saya lihat," ujarnya.

Ridwan Kamil mengatakan tudingan Walhi soal Musrenbang RPJMD cacat subtansi tidak tepat. Dia juga membantah bila RPJMD 2018 yang dibuatnya tidak mengakomodasi masukan masyarakat. Dia beralasan berbagai program yang tertuang dalam RPJMD itu merupakan kumpulan dari aspirasi warga.

"Dengerin ya, 700 program yang saya sampaikan di panggung adalah aspirasi warga. Bukan programnya Pak Ridwan Kamil. 500 keterwakilan ada 10 profesor, ada doktor, master, semua ditampung. Jadi tidak ada istilah tidak terwakili. Ini hanya masalah cara. Forum di sini forum pemaparan dari nasional," katanya.

Karena RPJMD baru dibahas, maka pihaknya akan mencoba memfasilitasi semua gagasan yang datang dari masyarakat, termasuk dari Walhi. Dia tidak ingin pembangunan yang dilakukan dinilai tidak mengedepankan aspirasi masyarakat.

"Jadi kalau ada yang kurang-kurang tinggal saya terima, saya masukan nanti kita bahas, enggak ada masalah. [masukan] Walhi enggak ada masalah, Walhi kan stakeholder juga. Tidak harus dengan cara-cara seperti itu saya kira," ujarnya.

Acara yang berlangsung sejak pukul 10.00 WIB hingga 13.00 WIB tersebut berjalan normal sebelum mendekati akhir. Ketua Walhi Jabar Dadan Ramdan mengacungkan map sambil berteriak “interupsi, interupsi,”.

Lantas seorang pengawal pribadi Ridwan Kamil menariknya keluar ruangan. Di luar ballroom Dadan langsung diapit oleh Sekjen AMS Denda Alamsyah turun ke bawah tepatnya ke ruang terbuka di ballroom.

Sumber : Bisnis/JIBI