Sutopo Purwo Nugroho: Bencana Pun Berbhineka Tunggal Ika

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB, Sutopo Purwo Nugroho, dirawat di rumah sakit, Senin (15/10 - 2018). (Twitter/@Sutopo_PN)
18 Oktober 2018 04:00 WIB Ginanjar Saputra Nasional Share :

Solopos.com, SOLO — Bencana banjir menlanda 19 desa di empat kecamatan di Kabupaten Aceh Jaya, Aceh, Selasa (16/10/2018). Di hari yang sama, beberapa bencana lain juga melanda beberapa wilayah di Indonesia.

Hal itu memicu keprihatinan dari Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho. Dengan beberapa bencana yang terjadi dalam waktu yang hampir bersamaan itu Sutopo menyebut bencana juga bisa berbhineka tunggal ika.

"Bencana pun juga berbhineka tunggal ika," ungkap Sutopo Purwo Nugroho di akun Twitternya, @Sutopo_PN, Selasa (16/10/2018).

Sutopo menjelaskan telah terjadi beberapa bencana di waktu yang hampir bersamaan pada Selasa (16/10/2018). "Pada saat bersamaan, banjir melanda Aceh, kebakaran hutan di Sumatra Selatan, kekeringan di banyak daerah di Jawa, dan gempa di Sulawesi Tengah," bebernya.

Kepala Pusat Data Informasi dan Humas BNPB itu menegaskan semua sukarelawan kemanusiaan pasti akan turun untuk membantu semua korban bencana alam di Indonesia. "Semua anak bangsa bergerak memenuhi panggilan kemanusiaan untuk membantu korban bencana," tandasnya.

Dijelaskan Sutopo, banjir di Aceh Jaya itu tak menelan korban jiwa. Meski tak menelan korban jiwa, ada 8.118 orang yang terdampak musibah tersebut.

Kolom 46 minutes ago

Kewaskitaan ISI Solo