Soloraya
Selasa, 16 April 2024 - 21:06 WIB

Pemkab Wonogiri Keluar Anggaran Rp695 Juta untuk Beli Motor Dinas 25 Sekcam

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah sekretaris kecamatan di Wonogiri menerima kendaraan dinas baru Yamaha Aerox di halaman depan Pendapa Rumah Dinas Bupati Wonogiri, Selasa (16/4/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Wonogiri mengeluarkan anggaran senilai Rp695 juta untuk membeli 25 unit sepeda motor Yamaha Aerox sebagai kendaraan dinas baru bagi para sekretaris kecamatan atau sekcam.

Pengadaan kendaraan dinas keluaran terbaru 2024 seharga Rp27,8 juta per unit itu diharapkan bisa menunjang dan mendukung kinerja para sekcam dalam pelayanan kepada masyarakat.

Advertisement

Mengutip artikel di laman bkpsdm.kemendagri.go.id, sekretaris camat mempunyai tugas pokok melaksanakan urusan umum, penyusunan perencanaan, pengelolaan administrasi keuangan dan kepegawaian.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah Pasal 32, kecamatan terdiri dari satu sekretariat paling banyak lima seksi dan membawahi sebanyak-banyaknya tiga sub bagian.

Advertisement

Berdasarkan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 41 Tahun 2007 tentang Organisasi Perangkat Daerah Pasal 32, kecamatan terdiri dari satu sekretariat paling banyak lima seksi dan membawahi sebanyak-banyaknya tiga sub bagian.

Kemudian pada Pasal 35 PP yang sama disebutkan sekcam adalah jabatan struktural eselon IIIB. Sekcam diangkat dan diberhentikan oleh bupati/wali kota atas usulan camat melalui sekretaris daerah.

Sekretaris Daerah (Sekda) Wonogiri, Haryono, saat ditemui Solopos.com di kantornya seusai penyerahan sepeda motor dinas untuk para sekcam, Selasa (16/4/2024), mengatakan pengadaan kendaraan dinas baru itu untuk mendukung, memudahkan kerja sekcam di Wonogiri, sekaligus meningkatkan pelayanan kepada masyarakat di tingkat kecamatan.

Advertisement

Dia menambahkan sekcam juga bertanggung jawab mengoordinasikan semua tata administrasi antara kecamatan dengan desa/kelurahan. Mereka juga bisa berperan sebagai wakil camat.

Mengingat hal itu, Haryono menilai pengadaan sepeda motor dinas untuk para sekcam bukan sesuatu yang berlebihan. Pengadaan 25 sepeda motor dinas itu juga memungkinkan dari sisi kemampuan APBD tanpa mengganggu program prioritas lain.

Selama ini, lanjut Haryono, sekcam tidak memiliki kendaraan dinas meski tugas dan fungsinya sangat strategis. Haryono mengakui memang tidak semua sekcam di kabupaten/kota lain mendapatkan fasilitas serupa karena hal itu menyesuaikan kebijakan dan kemampuan keuangan daerah masing-masing.

Advertisement

“Fasilitas ini sebenarnya sebagai dukungan sekaligus penghargaan kepada sekcam untuk bekerja sesuai tugas dan fungsi. Prinsipnya, penggunaan fasilitas ini untuk mendukung kesejahteraan masyarakat. Adanya fasilitas ini untuk meningkatkan fungsi pelayanan masyarakat,” jelas dia.

Pantauan Solopos.com, 25 kendaraan dinas baru diserahkan kepada sekcam selepas acara halalbihalal para pegawai negeri sipil (PNS) di lingkungan Sekretariat Daerah Wonogiri dan sejumlah organisasi perangkat daerah (OPD).

Setelah menerima kendaraan dinas itu, para sekcam langsung membawanya ke wilayah kerja masing-masing di kecamatan. Sepeda motor itu berwarna merah bercorak hitam dan putih.

Advertisement

Sebelumnya, pada 2023, Pemkab Wonogiri telah membelikan sepeda motor dinas Yamaha Nmax untuk 294 kepala desa/lurah. Pada saat itu, Pemkab Wonogiri menggelontorkan anggaran sekitar Rp9,4 miliar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif