Soloraya
Kamis, 25 April 2024 - 20:20 WIB

Dibuka, Ini Orang Pertama yang Ambil Formulir Pendaftaran Cabup PDIP Wonogiri

Redaksi Solopos.com  /  Suharsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Lokasi pendaftaran cabup-cawabup di Sekretariat DPC PDIP Wonogiri di Bulusulur, Wonogiri, Kamis (25/4/2024). (Solopos/Muhammad Diky Praditia)

Solopos.com, WONOGIRI — Pendaftaran penjaringan dan penyaringan calon bupati dan wakil bupati atau cabup-cawabup Pilkada 2024 di DPC PDIP Wonogiri baru dibuka selama dua hari, tepatnya sejak Rabu (24/4/2024). Namun demikian, sudah ada orang yang mengambil formulir pendaftaran cabup.

Berdasarkan informasi yang diperoleh Solopos.com, orang yang pertama mengambil formulir pendaftaran cabup di Sekretariat DPC PDIP Wonogiri itu adalah Edi Herlambang, 44, warga Kelurahan/Kecamatan Wuryantoro, Wonogiri.

Advertisement

Edi disebut mengambil formulir pendaftaran bakal cabup di Kantor Sekretariat Dewan Pimpinan Cabang (DPC) PDIP Wonogiri, Rabu (24/4/2024). Koordinator Sekretariat DPC PDIP Wonogiri, Firas Febriawan, mengatakan pendaftaran bakal cabup-cawabup di PDIP Wonogiri dibuka sejak Rabu.

Pada hari pertama pendaftaran itu sudah ada satu orang yang mendatangi sekretariat dan mengambil formulir pendaftaran bakal calon cabup-cawabup. ”Edi Herlambang baru mengambil formulir pendaftaran, tetapi belum mendaftar,” kata Firas kepada Solopos.com, Kamis (25/4/2024).

Advertisement

Pada hari pertama pendaftaran itu sudah ada satu orang yang mendatangi sekretariat dan mengambil formulir pendaftaran bakal calon cabup-cawabup. ”Edi Herlambang baru mengambil formulir pendaftaran, tetapi belum mendaftar,” kata Firas kepada Solopos.com, Kamis (25/4/2024).

Menurut Firas, hingga hari kedua pendaftaran, baru Edi Herlambang yang merupakan warga Kecamatan Wuryantoro itu yang mengambil formulir pendaftaran. Jadwal pendaftaran bakal cabup-cawabup di PDIP Wonogiri yakni 24 April-30 Mei 2024. Jadwal pelayanan pendaftaran dilakukan pada hari dan jam kerja.

Sementara itu, Edi Herlambang, saat dihubungi Solopos.com untuk dimintai konfirmasi pada Kamis (25/4/2024), belum berkenan memberikan keterangan terkait pengambilan formulir pendaftaran tersebut.

Advertisement

Pada saat itu, dia menyampaikan akan mengikuti proses penjaringan dan penyaringan calon bupati sesuai mekanisme yang berlaku di PDIP. Menurutnya, penentuan calon bupati merupakan kewenangan Dewan Pimpinan Pusat (DPP) PDIP.

Kualifikasi Awal

Sebelumnya, Sekretaris DPC PDIP Wonogiri, Setyo Sukarno, mengatakan pendaftaran penjaringan dan penyaringan cabup-cawabup untuk Pilkada Wonogiri 2024 dibuka lebih cepat dari rencana awal yaitu awal Mei 2024.

Hal ini agar ada waktu panjang bagi partai untuk menyiapkan proses penjaringan dan penyaringan cabup-cawabup. Semakin awal pendaftaran dibuka, masyarakat umum yang ingin mendaftar juga bisa memiliki waktu untuk menyiapkan segala berkas persyaratan pendaftaran.

Advertisement

Alasannya lainnya, pada 31 Mei 2024, DPC PDIP harus sudah menyerahkan nama-nama yang sudah mendaftar penjaringan dan penyaringan cabup-cawabup tersebut.

”Semula Pak Ketua [DPC PDIP Wonogiri Joko Sutopo] merilis pembukaan pendaftaran akan dilakukan Mei 2024. Tetapi kemarin setelah berkomunikasi akhirnya pendaftaran dibuka Rabu,” kata Setyo Sukarno kepada Solopos.com, Kamis (25/4/2024).

Setyo menjelaskan DPC PDIP Wonogiri hanya melayani administrasi pendaftaran. Misalnya memastikan pendaftar sudah memenuhi kualifikasi awal seperti pendidikan paling rendah SMA. Sementara proses seleksi baik tertulis, wawancara, dan lainnya dilaksanakan DPP PDIP.

Advertisement

Proses penjaringan dan penyaringan ini terbuka untuk umum, baik dari internal maupun eksternal partai. Pendaftar bisa datang secara langsung di sekretariat DPC PDIP di Bulusulur, Wonogiri, pada hari dan jam kerja. Selain itu, mereka juga bisa mendaftar melalui sekretariat DPD maupun DPP PDIP.

”Penetapan capub-cawabup yang menentukan DPP. Bisa saja nanti ada yang mendaftar sebagai cabup tetapi DPP memberikan rekomendasi orang itu sebagai cawabup, kami di tingkat DPC tidak ada yang tahu,” ungkapnya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif