95 Warga Palestina Terluka Akibat Bentrok dengan Israel

Pemrotes Palestina menghindari gas yang ditembakkan tentara Israel di Gaza, Jumat (14/9 - 2018). (Reuters/Mohammed Salem)
18 September 2018 12:00 WIB Newswire Internasional Share :

Solopos.com, GAZA – Setidaknya 95 orang Palestina terluka akibat bentrok yang terjadi di bagian utara Jalur Gaza dan Israel, Senin (17/9/2018).

Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza menyebut 95 orang yang cedera tersebut, 26 ditembak oleh tentara Israel dengan menggunakan peluru aktif, sementara yang lain menderita sesak napas setelah menghirup gas air mata.

Protes di bagian utara Jalur Gaza diselenggarakan oleh komisi tertinggi "Pawai Akbar Kepulangan", yang berpusat di Jalur Gaza, untuk menentang blokade Israel atas daerah kantong Palestina tersebut.

Demonstran melempar batu dan membakas ban di dekat pagar perbatasan, kata Xinhua sebagaimana dikutip Antara, Selasa (18/9/2018). Sementara itu, tentara Israel menggunakan gas air mata dan menembakkan peluru aktif untuk menanggapi.

Menurut Kementerian Kesehatan di Jalur Gaza, pasukan Israel telah menewaskan sedikitnya 177 orang Palestina, dan melukai 19.000 orang lagi sejak 30 Maret, hari pertama "Pawai Akbar Kepulangan" yang diselenggarakan rakyat Palestina guna menentang blokade 12 tahun Israel, yang melumpuhkan daerah kantong tersebut, dan pemindahan kedutaan besar AS dari Tel Aviv ke Kota Jerusalem.

Sumber : Antara