News
Jumat, 19 April 2024 - 13:12 WIB

Rudal Israel Hantam Isfahan Iran

Redaksi Solopos.com  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Map kota-kota penting di Iran. (Istimewa/Twitter)

Solopos.com, ISFAHAN — Media Iran melaporkan pada Jumat (19/4/2024) bahwa terdengar ledakan di dekat bandara kota Isfahan di Iran, sebagaimana dikutip dari Sputnik, yang disebutkan merupakan serangan Israel.

Sementara itu, mengutip informasi dari pelacak penerbangan Flightradar24, setidaknya delapan penerbangan dialihkan melalui wilayah udara Iran pada Jumat (19/4/2024) pagi.

Advertisement

Sebelumnya pada hari yang sama, seorang pejabat AS mengonfirmasi kepada ABC News bahwa rudal-rudal Israel telah menghantam sebuah lokasi di Iran, namun ia tidak dapat memastikan apakah lokasi-lokasi di Suriah dan Irak juga terkena serangan tersebut

Duta Besar Iran untuk Moskow Kazem Jalali menyebut bahwa meningkatnya ketegangan di Timur Tengah saat ini dapat diselesaikan jika Israel menghentikan operasi militer terhadap Palestina.

Advertisement

Duta Besar Iran untuk Moskow Kazem Jalali menyebut bahwa meningkatnya ketegangan di Timur Tengah saat ini dapat diselesaikan jika Israel menghentikan operasi militer terhadap Palestina.

“Alasan utama berlanjutnya krisis di kawasan ini adalah kejahatan rezim Zionis (Israel) terhadap penduduk sipil, terutama terhadap perempuan dan anak-anak di Gaza,” kata Dubes Jalali dalam sebuah resepsi untuk memperingati hari tentara Iran yang dilaporkan Sputnik, Jumat, via Antara.

Kunci untuk menyelesaikan krisis saat ini, lanjutnya, terletak pada mengakhiri genosida terhadap warga Palestina.

Advertisement

Namun pada saat yang sama siap menanggapi dengan cara yang lebih serius terhadap setiap langkah baru Israel terhadap Iran.

Operasi melawan Israel, kata Jalali, bersifat terbatas dan tidak ditujukan terhadap sasaran sipil.

Pada 1 April, Israel melancarkan serangan udara terhadap gedung konsuler Kedutaan Besar Iran di Damaskus, menghancurkan gedung tersebut. Korps Pengawal Revolusi Islam (IRGC) Iran mengatakan tujuh anggotanya tewas dalam serangan itu, termasuk dua komandannya.

Advertisement

Pada tanggal 2 April, Kementerian Kesehatan Suriah mengatakan bahwa serangan itu juga telah menewaskan empat warga Suriah dan melukai 13 lainnya.

Kemudian pada 13 April, IRGC Iran meluncurkan lebih dari 300 drone dan rudal ke Israel dalam serangan langsung pertamanya di wilayah Israel, menurut data Pasukan Pertahanan Israel (IDF).

Juru bicara IDF Daniel Hagari mengatakan bahwa Israel telah mencegat 99 persen target udara yang ditembakkan Iran, termasuk semua drone. Televisi pemerintah Iran mengatakan semua rudal hipersonik mencapai sasarannya.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif