Soloraya
Kamis, 28 Maret 2024 - 18:08 WIB

Breaking News! Banjir Melanda Kelurahan Sumber Solo

Redaksi Solopos.com  /  Astrid Prihatini WD  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sejumlah ruas jalan di Kelurahan Sumber, Kamis (28/3/2024), tergenang air. Banjir kerap terjadi di Kelurahan Sumber, tepatnya di Jl. Pajajaran Timur 3 hingga Jl. Kutai Timur 4 (Solopos.com/Ahmad Kurnia Sidik)

Solopos.com, SOLO–Banjir melanda Kelurahan Sumber, Banjarsari, akibat hujan deras yang mengguyur Kota Solo, Kamis (28/3/2024). Lokasi tepatnya di Jl. Pajajaran Timur 3 hingga Jl. Kutai Timur 4.

Berdasarkan pantauan Solopos.com, Kamis (28/3/2024) pukul 16.00 WIB, air menggenang setinggi lutut orang dewasa di Jalan Pajajaran Timur 3. Hal yang sama juga terjadi di Jl Kutai Timur 4, di mana air menggenang hingga setinggi lutut orang dewasa. Selain itu, tampak air juga menggenangi sebagian bahu Jl. Letjen Suprapto, tepatnya di depan Lapangan Sumber Solo.

Advertisement

Ruas Jalan Pajajaran Timur 3, Sumber, Solo, tergenang air, Kamis (28/3/2024). (Solopos.com/Ahmad Kurnia Sidik)

Salah seorang warga yang tinggal di Jl. Pajajaran Timur 3, Aji, 45, menyampaikan bahwa banjir rutin terjadi ketika daerah itu dilanda hujan deras selama kurang lebih 1,5 jam.

“Rutin banjir di sini. Biasanya kalau hujan deras lama, sekitar 1,5 jam-an, pasti banjir,” kata Aji saat diwawancari Solopos.com di lokasi, Kamis (28/3/20204).

Advertisement

Aji juga menerangkan bahwa biasanya butuh waktu dua hingga tiga jam untuk air yang menggenang itu surut kembali. Hal yang sama juga disampaikan oleh seorang warga yang tinggal di Jl Kutai Timur 4, Riswan, yang juga mengalami kebanjiran. Ia menyampaikan bahwa setiap kali hujan deras melanda daerah itu selama satu hingga dua jam maka akan terjadi banjir.

“Pasti banjir kalau hujan deras gini. Dan agak lama surutnya,” kata dia saat diwawancarai Solopos.com di lokasi, Kamis (28/3/2024).

Air masuk ke rumahnya hingga setinggi mata kaki orang dewasa. Walaupun menjadi langganan banjir, pihak pemerintah, lanjut Irwan, belum mengupayakan perbaikan guna menghindari banjir terjadi berulang ketika hujan deras melanda. Ia berharap agar segera dilakukan perbaikan karena ketika banjir terus terjadi akan mengganggu usahanya di rumah.

Advertisement

“Sejauh ini belum ada tindakan apapun dari pemerintah untuk mencegah [banjir], sementara saya buka usaha di rumah. Jadi susah kalau gini,” kata Riswan sambil menunjukan letak rumahnya yang berwarna abu-abu dan ada spanduk bertuliskan “Aneka Risoles Mayo”.

Sementara itu, salah satu anggota BPBD Solo, Wondo, yang berada di Jl. Pajajaran Timur 3 di saat Solopos.com juga berada di sana, mengatakan bahwa pihaknya sedang menunggu pompa air yang didatangkan dari kantornya.

“Kebetulan rumah mertua saya di sini. Begitu dapat laporan, saya langsung berangkat ke sini untuk cek lokasi. Sekarang sedang menunggu pompa air dari kantor,” kata Wondo saat diwawancari Solopos.com di lokasi, Kamis (28/3/2024).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif