Api di Puncak Dumiling Gunung Lawu Belum Padam, Pos Cemoro Sewu Ditutup

Pendaki keluar dari pintu pendakian Cemoro Sewu setelah ada penutupan jalur karena kebakaran hutan di Gunung Lawu, Rabu (20/6 - 2018). (Istimewa/BPBD Magetan)
20 Juni 2018 16:00 WIB Abdul Jalil Nasional Share :

Madiunpos.com, MAGETAN -- Pintu pendakian ke puncak Gunung Lawu di Cemoro Sewu, Desa Ngancar, Kecamatan Plaosan, Magetan, mulai ditutup pada Rabu (20/6/2018) sekitar pukul 09.00 WIB. Seluruh pendaki yang melalui Cemoro Sewu pun diminta turun dan keluar dari kawasan gunung.

Penutupan pintu pendakian Cemoro Sewu ini merupakan dampak dari kebakaran hutan yang ada di kawasan Puncak Dumiling atau Tlaga Tiling, masuk Kecamatan Jenawi, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Selasa (19/6/2018).

Kasi Kedaruratan dan Logistik BPBD Kabupaten Magetan, Fery Yoga Saputra, mengatakan pintu masuk pendakian Cemoro Sewu petak 27 LMDH Lawu DS, Desa Ngancer, Kecamatan Plaosan, untuk sementara ditutup.

"Kami mendapatkan informasi dari Anak Gunung Lawu pos Cemoro Kandang, Karanganyar, yang sedang memantau pendaki serta pendamping pendakian menemukan di areal petak 26 Surakarta areal Lawu Selatan sedang terjadi kebakaran hutan," jelas Fery, Rabu siang.

Dia menuturkan sampai saat ini api yang membakar hutan di areal petak itu belum bisa dipadamkan.

Untuk menindaklanjuti peristiwa tersebut, kata Fery, pihak Perhutani Lawu DS, AGL, serta kelompok petani hutan yang berada di wilayah Desa Senggolangu dan Kelurahan Sarangan, serta kelompok tani hutan Desa Ngancar bersiap-siap untuk mengantisipasi kebakaran hutan.

Masyarakat di wilayah tersebut sudah bersiap apabila api menjalar ke wilayah hutan Lawu DS.

"Untuk saat ini, cuaca di wilayah Cemoro Sewu berkabut," ujar Fery. 

Kolom 9 hours ago

Arisan