Tol Salatiga-Kertosono Macet 2 Km, Mojokerto-Kertosono Mengular 3 Km

Kemacetan 3 km di exit tol Kertosono. (Bisnis)
16 Juni 2018 17:00 WIB Tim Bisnis Nasional Share :

Solopos.com, NGANJUK -- Pada hari kedua lebaran, jalan tol fungsional Salatiga - Kertosono macet sebelum Rest Area 200 pada pukul 15.53 WIB pada Sabtu (16/6/2017) sampai dengan berita ini ditayangkan.

Kemacetan mengular sepanjang 2 km pada dua lajur akibat jalan tol fungsional masih bersingungan dengan jalan antar desa yang menciptakan sebuah perempatan. Karena itu, jalur tol fungsional tidak bersih dari pengendara selain kendaraan roda empat yang ingin menuju Salatiga. Ditambah, beberapa pemudik ingin beristirahat di rest area yang disediakan oleh PT Wika. Alhasil terjadi kemacetan yang tidak bisa dihindari.

Pemudik juga senantiasa harus menjaga kewaspadaan saat melaju lewat jalan tol fungsional ini sebab belum ada pembatas jalan yang mencegah pengemudi untuk keluar jalur tol. Batas kecepatan maksimal ketika melaju di jalur ini adalah 40 km per jam dan selalu jaga jarak dengan kendaraan di depan dan belakang.

Kemacetan juga terjadi di tol fungsional Mojokerto - Kertosono. Mendekati pintu keluar arah Kertosono ternyata kami disambut kemacetan. Pantauan Bisnis/JIBI, kendaraan yang melaju di tol Mojokerto - Kertosono dari arah Surabaya nampak mengular panjang di pintu keluar Gerbang Tol (GT) Bandar.

Kendaraan butuh waktu sekitar 30 menit untuk bisa mencapai exit gerbang tol Bandar. Kemacetan ini dipicu tingginya volume kendaraan yang melintas di tol fungsional ini. Kendati pintu pembayaran sudah dibuka seluruhnya.

Ruas tol Mojokerto - Kertosono (Moker) sepanjang 40,5 km menghubungkan Mojokerto, Jombang dan Kertosono-Nganjuk. Tol ini dibangun mulai 2007 hingga diresmikan pada 2017.