Sport
Jumat, 29 Maret 2024 - 20:06 WIB

Sosok Irfan Jauhari, Winger Lincah Persis Solo yang Sumbang Emas SEA Games 2023

Redaksi Solopos.com  /  Abu Nadzib  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Winger Persis Solo, Irfan Jauhari sudah berlatih bersama pemain Persis Solo. Persis Solo akan berhadapan dengan Rans Nusantara di Stadion Manahan, Sabtu (30/3/2024) (IST/Persis Solo)

Solopos.com, SOLO — Irfan Jauhari, winger andalan Persis Solo yang membantu Timnas Indonesia mempersembahkan emas SEA Games 2023 kembali merumput di lapangan hijau.

Irfan Jauhari sudah menjalani uji coba bersama Persis Solo.

Advertisement

Dokter tim Persis Solo, Iwan Wahyu Utomo mengatakan Irfan Jauhari dan Sutanto Tan sudah kembali bergabung bersama tim dan mulai kembali berlatih.

Sebelumnya, pemain lincah yang mencetak satu gol penting ke gawang Thailand di SEA Games 2023 itu harus absen hampir satu musim karena cedera parah di kakinya.

“Irfan Jauhari sudah mengikuti prosedur dari Timnas untuk mengikuti tes di Jakarta. Ia berhasil menjalaninya dengan hasil yang baik, sehingga ia bisa kembali berlatih bersama tim. Sutanto Tan juga telah kembali bersama tim pascaoperasi di tulang pipinya,” ujar dokter tim, Iwan Wahyu Utomo, seperti dikutip Solopos.com, Jumat (29/3/2024).

Kedua pemain tersebut bahkan sudah diikutsertakan pada laga uji tanding kontra Persidikab Kabupaten Kediri, Sabtu (23/3/2024).

“Irfan Jauhari sudah dicoba untuk bermain selama 20 menit dengan hasil yang cukup bagus sedangkan Sutanto sudah kembali berlatih rutin dan turut diikutsertakan pada laga uji coba kemarin,” terangnya.

Profil Irfan Jauhari

Irfan Jauhari adalah pesepak bola yang lahir di Desa Kandangan, Kecamatan Ngawi, Kabupaten Ngawi, Jawa Timur, pada 31 Januari 2001.

Saat ini, di lapangan hijau Irfan biasa bermain di posisi sayap kanan tetapi tak jarang bisa bermain sebagai penyerang tengah bahkan gelandang serang.

Advertisement

Irfan pernah mengenyam pendidikan di SMPN 1 Ngawi.

Berdasarkan informasi yang dihimpun Solopos.com dari berbagai sumber, Senin (4/4/2022). Ketertarikan Irfan Jauhari terhadap sepak bola sudah terlihat sejak usia dini.

Irfan rela mengayuh sepeda bututnya dari Desa Kandangan menuju Alun-alun Merdeka Ngawi bergabung berlatih bersama teman-teman di SSB Internal Ngawi.

Bintang Irfan mulai bersinar ketika ia bersama SMPN 1 Ngawi menjadi juara pada berbagai kompetisi futsal.

Irfan pernah terpilih menjadi top scorer Kampus Ijo Cup, SMASA Ngawi Cup, MAN Ngawi Cup, dan juara 1 SMADA Madiun Cup.

Ketekunan itu membawanya ke SSB Terang Bangsa di Semarang. Irfan Jauhari pernah membela PSIS Semarang U-17, Popnas Jateng, Popwil Jateng, dan BJL 2000 Semarang.

Kemudian pada tahun 2019 Irfan Jauhari bergabung ke Bali United U-18 dan terpilih sebagai pemain terbaik kompetisi Elite Pro U-18.

Advertisement

Di tahun inilah, Irfan mulai dikenal lewat tendangan kerasnya. Salah satunya ketika dia mencetak gol ke gawang Arsenal U-18 dan Real Madrid U-18 pada ajang Bali U-20 International Cup 2019.

Saat itu, Irfan masuk ke dalam skuat Indonesia Allstar U-20.

Performa itu membawanya dipanggil Timnas U-19 asuhan Shin Tae Yong dalam persiapan menuju Piala Dunia U-20 tahun 2021 di Indonesia yang akhirnya diundur ke tahun 2023.

Seperti diketahui, Piala Dunia U-20 itu akhirnya batal digelar di Indonesia karena polemik tentang keikutsertaan Israel.

Bersama Persis Solo, Irfan Jauhari seringkali dipercaya tampil oleh pelatihnya saat itu, Eko Purdjianto.

Dari 15 pertandingan Persis Solo, Irfan dipercaya tampil di 11 laga. Hasilnya dia mencetak sebuah gol di babak delapan besar melawan RANS Cilegon FC.

Irfan juga mencetak sebuah assist bersama Persis Solo.

Advertisement

Bos Persis Solo, Kaesang Pangarep, berulang kali memuji penampilan Irfan Jauhari saat dipinjamkan ke Persija Jakarta.

Mainmu ngawu-ngawu Bos Irfan Jauhari. Kapten Persis Solo masa depan,” tulis Kaesang, Selasa (23/3/2022).

Cedera Parah

Sayangnya cedera parah membuat Irfan Jauhari harus menepi dari lapangan hijau sejak Agustus 2023 lalu.

Irfan Jauhari mendapat cedera saat membela Timnas Indonesia U-23 yang berlaga di AFF 2023.

Pada laga perdana Timnas Indonesia U-23 melawan Malaysia U-23 pada 18 Agustus 2023, Irfan Jauhari terpaksa harus diganti.

Irfan Jauhari mengalami cedera dan tidak bisa melanjutkan jalannya pertandingan.

Setelah menjalani perawatan medis dan proses MRI, Irfan Jauhari didiagnosis menderita total tear ACL dan Meniscus lateral tear.

Advertisement

“Langkah selanjutnya akan dilakukan tindakan operasi kepada pemain, dan diperkirakan harus absen selama 6-9 bulan,” tulis laman Persis Solo pada Agustus 2023 lalu.

Irfan Jauhari yang sudah bersama Persis Solo sejak di Liga 2 ini dikontrak hingga 2026 mendatang.

Catatan Solopos.com, Irfan Jauhari menjalani Liga 1 2022/2023 dengan penuh perjuangan.

Dari total 34 laga pertandingan, pemain yang kerap bermain di posisi sayap tersebut absen pada 11 pertandingan akibat cedera.

Tiga pertandingan menuju akhir musim pun tak bisa ia lalui demi mengikuti pemusatan latihan Timnas Indonesia U-22.

Meski begitu, torehan 3 gol dan 2 assist Irfan Jauhari membantu Persis Solo bersaing di Liga 1 2022/2023 dan bisa bertahan ke Liga 1 2023/2024.

Direktur Olahraga Persis Solo, Edwin Klok, mengatakan Irfan Jauhari merupakan sosok pemain sayap masa depan Indonesia.

Advertisement

Terlebih lagi, pemain asal Ngawi, Jawa Timur (Jatim), itu memiliki kemampuan yang sangat kuat dalam penguasaan bola.

“Irfan Jauhari adalah salah satu prospek pemain sayap di Indonesia. Ia sangat kuat dan berbahaya ketika sudah memegang bola. Dribel-nya sangat sulit dihentikan, khususnya ketika ia melakukan cutting inside yang dapat menjadi gol,” ujar Edwin Klok dikutip dari laman resmi Persis Solo, Selasa (9/5/2023).

Hal-hal itulah yang melandasi keputusan manajemen Persis Solo dan Edwin Klok untuk segera memberikan kontrak baru bagi Irfan Jauhari.

“Kontrak Irfan Jauhari baru akan berakhir pada akhir 2024. Namun, kami sudah sangat yakin untuk memperpanjangnya hingga 2026,” tegas Edwin Klok.

Irfan Jauhari menghadapi Liga 1 musim 2022/2023 dengan penuh perjuangan. Dari total 34 laga, pemain yang bermain di sektor sayap itu harus absen dalam 11 pertandingan akibat dibekap cedera.

Sementara bersama Timnas Indonesia U-22, Irfan Jauhari juga menjadi andalan.

Ia bahkan sudah menyumbangkan satu gol bagi timnas di ajang SEA Games 2023 saat Indonesia membungkam Filipina dengan skor 3-0 di Olympic Stadium, Phnom Penh, Sabtu (29/4/2023).

Advertisement

Gol pentingnya ke gawang Thailand di partai final SEA Games 2023 membuat semangat rekan-rekannya melejit hingga akhirnya Indonesia menang 5-2.

Kemenangan telak itu sekaligus mengakhiri puasa medali emas SEA Games sejak 1991 silam.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif