Otomotif
Kamis, 25 April 2024 - 15:20 WIB

Pacu Kekuatan CBR250RR, Pembalap Astra Honda Kibarkan Merah Putih di ARRC Cina

Redaksi Solopos.com  /  Akhmad Ludiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap binaan PT AHM Mohammad Adenanta Putra. (Istimewa)

Solopos.com, JAKARTA – Pembalap binaan PT Astra Honda Motor (AHM) meraih hasil positif dalam balapan yang penuh tantangan. Herjun Atna Firdaus melanjutkan tren podium dengan berhasil finish ke-3, mengibarkan Bendera Merah Putih di ajang Asia Road Racing Championship (ARRC) seri ke-2 race pertama kelas Asia Production (AP)250 menggunakan CBR250RR di Zhuhai International Circuit, Zhuhai, China, Sabtu (20/4/2024).

Hasil balapan ARRC di Zhuhai ini menguatkan posisi pembalap 20 tahun asal Pati, Jawa tengah itu di puncak klasemen sementara pembalap dengan bekal 57 poin. Rekan setimnya, M. Kiandra Ramadhipa mampu finish keenam dan mendapatkan tambahan poin untuk bertengger di posisi ke-7 dengan 31 poin.

Advertisement

Di kelas SuperSports (SS)600, Mohammad Adenanta Putra dan Rheza Danica Ahrens masing-masing finis di posisi keempat dan keenam. Adenanta saat ini berada di peringkat ke-2 klasemen dengan 49 poin. Rheza masih tertahan di urutan ke-6 dengan 29 poin. Keempat pembalap Astra Honda Racing Team (AHRT) sebenarnya masih berkesempatan menguatkan posisi dan menambah poin.

Namun race kedua yang rencananya akan diselenggarakan hari Minggu (21/4/2024), dibatalkan penyelenggara karena kondisi cuaca yang kurang baik. Pada race pertama kelas AP250, Sabtu, Herjun dan Kiandra masing-masing start dari posisi keempat dan kelima. Pada pertengahan balapan, Herjun sudah berada di posisi terdepan. Hingga tikungan terakhir sebelum finish, dia masih bertahan. Pertarungan ketat dengan satu pembalap lain membuat keduanya melebar ke luar lintasan.

Meski akhirnya bisa finish di posisi kedua, Herjun terkena penalti karena melewati batas lintasan dan akhirnya dinyatakan finish di urutan ketiga. Dengan pencapaian ini, Herjun berhasil mencatat rekor selalu naik podium dari tiga balapan yang sudah digelar tahun ini. Sementara itu, Kiandra masih konsisten meraih poin dengan finis di posisi keenam.

Advertisement

”Alhamdulillah saya kembali mampu meraih podium di race 1. Di awal lap, saya sempat tercecer di posisi 4. Namun, perlahan saya mulai menemukan ritme hingga bisa memimpin balapan dan finis dengan raihan podium 3 besar. Terima kasih dukungannya,” ucap Herjun dalam siaran resmi PT AHM kepada Solopos.com, Kamis (25/4/2024).

Pole Position SS600

Di kelas SS600, Astra Honda Racing Team diwakili Adenanta dan Rheza. Adenanta memulai race dari pole position. Namun, balapan yang ketat membuatnya kesulitan bertahan di depan. Setelah 12 lap, Adenanta finish di posisi keempat, sementara Rheza keenam. Kondisi trek yang cukup berangin memberikan tantangan tersendiri bagi para pembalap.

”Saya memulai start dan awal balapan yang kurang sempurna. Saya terus berusaha memperbaiki dan mengejar ketertinggalan. Namun irama balap saya justru terganggu terutama dalam kontrol roda belakang. Hasil ini tentunya membuat saya berusaha lebih keras lagi pada balapan-balapan selanjutnya,” kata Adenanta.

Advertisement

General Manager Marketing Planning & Analysis AHM Andy Wijaya mengapresiasi perjuangan para pembalap binaan di tengah balapan yang sangat kompetitif. Konsistensi mendulang poin dan meraih podium akan menjadi pelecut semangat para pembalap, juga pembalap muda lainnya untuk terus mengukir prestasi demi kebanggaan Negeri.

”Kami akan terus konsisten memberi dukungan untuk para pembalap binaan agar konsisten mencetak prestasi membanggakan di kancah Asia dan dunia. Perjuangan para pembalap kami diharapkan tak hanya membanggakan dari sisi prestasi, tetapi juga menginspirasi generasi muda lainnya untuk berpacu di ajang lainnya demi Bangsa dan Negara,” ujar Andy.

Hasil positif pada ARRC seri ke-2 ini akan menjadi bekal dan motivasi tersendiri untuk para pembalap binaan menghadapi seri ketiga di Motegi, Jepang, 7-9 Juni mendatang.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif