Viral PM Belanda Ngepel Lantai Gedung Parlemen

Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, (kanan), mengepel lantai (Bbc.com)
07 Juni 2018 08:00 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, ANKARA Mengepel merupakan pekerjaan sepele yang sangat biasa dilakukan banyak orang. Tapi, lain cerita jika yang dipel adalah gedung perkantoran. Pekerjaan itu biasanya dikerjakan oleh petugas kebersihan. Adapun orang yang memiliki jabatan tinggi bisa memerintahkan petugas kebersihan untuk mengepel lantai sesuka hati.

Tapi, lain cerita dengan Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte. Pria berusia 51 tahun itu membuat banyak orang kagum dengan sifatnya yang rendah hati. Sebuah video viral di media sosial memperlihatkan aksi Mark Rutte mengepel lantai yang kotor akibat tumpahan kopi dari cangkir yang dibawanya.

Dalam video yang diunggah pengguna akun Twitter @ceesvanbeek, Senin (4/6/2018), Mark Rutte yang tak sengaja menumpahkan kopi langsung memanggil seorang petugas kebersihan yang lewat di depannya. Bukan untuk meminta tolong membersihkan kotoran itu, dia malah meminta pel yang dibawa si wanita petugas kebersihan. Dia kemudian membersihkan sendiri tumpahan kopi dari cangkirnya.

Aksi tak biasa dari Mark Rutte ini membuat orang-orang di sekitarnya bersorak. Mereka amat kagum melihat aksi sang Perdana Menteri Belanda yang tak biasa itu. "Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, menumpahkan secangkir kopi di gedung parlemen. Dia kemudian membersihkan tumpahan kopi itu sendiri. Aksinya disoraki oleh petugas kebersihan di gedung tersebut," tulis Cees Van Beek, diplomat yang bertugas di Kedutaan Besar Belanda di Ankara, Turki.

Video viral itu mendapat beragam tanggapan dari sejumlah diplomat negara lain. Mereka sangat kagum melihat kerendahan hati Mark Rutte. "Kadang-kadang Perdana Menteri bisa melakukan pekerjaan petugas kebersihan. Saya sangat terkesan dengan kerendahan hati Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte. Sikap sederhana itulah yang membuatnya sangat populer di kalangan orang Belanda," komentar Hamid Mir.

"Lihatlah, Perdana Menteri Belanda, Mark Rutte, dan apa yang dilakukan setelah menumpahkan kopi. Sungguh dia adalah contoh pemimpin yang baik," sambung Shruthi.

"Mark Rutte, Perdana Menteri Belanda yang tidak sengaja menjatuhkan cangkir kopinya. Lihat reaksinya yang luar biasa. Para politisi harus meniru hal seperti ini. Berapa banyak dari kita yang tahu nama petugas kebersihan yang setiap hari membersihkan toilet kantor kita?" imbuh Coach Vikram.