Donald Trump Siap Gelar Buka Bersama di Gedung Putih

Donald Trump (Reuters)
04 Juni 2018 18:15 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, WASHINGTONPresiden Amerika Serikat, Donald Trump, berencana menggelar acara buka puasa bersama di Gedung Putih, Washington, pekan ini. Menurut kabar yang beredar, buka puasa bersama guna menyemarakkan bulan Ramadan ini digelar pada Rabu (6/6/2018).

Dilansir CNN, Senin (4/6/2018), Gedung Putih belum merilis daftar tamu yang diundang dalam acara buka puasa bersama tersebut. Banyak pihak yang khawatir rencana ini tidak akan terlaksana seperti tahun 2017 lalu.

Padahal, acara buka puasa bersama di Gedung Putih, Washington, Amerika Serikat, sudah menjadi tradisi selama dua dekade terakhir yang dilakukan presiden terdahulu, mulai dari Bill Clinton hingga Barack Obama.

Ada sekitar 3,45 juta muslim yang ada di Amerika Serikat. Tak ayal, buka puasa bersama di Gedung Putih ini menjadi acara yang spesial di bulan Ramadan. Acara buka puasa bersama di Gedung Putih kali pertama digelar pada masa pemerintahan Bill Clinton sekitar 1996 lalu.

Kala itu, Hillary Clinton sebagai Ibu Negara memimpin jamuan makan menandai berakhirnya bulan Ramadan. Acara ini digelar sejak putrinya, Chelsea, belajar sejarah Islam.

Jamuan makan sekaligus buka puasa di Gedung Putih itu dilanjutkan oleh penerus Bill Clinton, George W Bush. Pada 2011 lalu, acara tersebut digelar sebagai simbol perlawanan terhadap teroris pasca-serangan 9 September.

Selanjutnya, Barack Obama juga meneruskan tradisi buka puasa bersama di Gedung Putih sejak 2009 sampai 2016. Acara ini biasanya mengundang sejumlah diplomat, pejabat, serta perwakilan komunitas muslim.

Namun pada 2017 lalu Donald Trump tidak mengadakan acara buka puasa bersama yang membuat sejumlah pihak kecewa.