5 Juni, Menhub dan Menteri PUPR Cek Total Kesiapan Mudik Lebaran

Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi saat memberikan keterangan kepada wartawan di sela-sela kunjungannya di PT Inka di Kota Madiun, Selasa (29/5 - 2018). (Madiunpos.com/Abdul Jalil)
31 Mei 2018 10:05 WIB Abdul Jalil Nasional Share :

Madiunpos.com, MADIUN -- Menteri Perhubungan Budi Karya Sumadi dan Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Basuki Hadimuljono akan mengecek seluruh kesiapan mudik Lebaran 2018 pada Selasa (5/6/2018). Pengecekan ini untuk memastikan seluruh komponen siap menyambut pemudik dari berbagai daerah di Indonesia.

Menhub menjelaskan saat ini moda transportasi favorit adalah transportasi udara. Untuk itu, pemerintah memberikan tambahan slot dan jam operasional. Pemerintah juga akan memperbaiki sistem keamanan di bandara.

Moda transportasi lain seperti kereta api tahun ini hanya mengalami kenaikan 5%. Sedangkan transportasi laut tidak ada kenaikan. Namun, pemerintah memberikan fasilitas mudik gratis kepada masyarakat melalui jalur laut.

Sementara itu, jalur darat menjadi perhatian utama pemerintah terutama di Tol Cipali. Budi berpesan kepada pemudik untuk tidak hanya menggunakan jalan tol. Tetapi juga bisa melalui jalan Pantai Utara atau Pantura. "Jalur Pantura sekarang sudah bagus. Saya sudah mengeceknya," kata dia saat berkunjung ke Kota Madiun, Selasa (29/5/2018).

Budi juga mengimbau masyarakat mudik lebih awal dan tidak terlalu mepet hari H Lebaran. Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR), Basuki Hadimuljono, mengatakan infrastruktur di wilayah Jawa Timur sudah siap untuk arus mudik. Masyarakat juga sudah bisa melalui jalan tol yang terbentang dari Ngawi sampai di Surabaya.

Dia menuturkan untuk jalur nasional di Jatim juga sudah diperbaiki dan layak dilalui. Basuki mencontohkan jalur nasional Pacitan ke Yogyakarta yang sudah bisa dilalui dengan lancar.

"Sebagian jalan tol sudah bisa fungsional. Mulai dari Surabaya-Solo, Solo-Semarang sampai di Salatiga, semua sudah bisa. Tanggal 5 Juni nanti akan kami cek kesiapannya," jelas dia.