10 Demonstran Palestina Tewas Ditembak Militer Israel

Demonstrasi warga Palestina di Jalur Gaza, Jumat (6/4 - 2017) (Mohammed Salem/Reuters)
07 April 2018 23:30 WIB Chelin Indra Sushmita Internasional Share :

Solopos.com, SOLO – Sekitar 10 warga Palestina tewas dalam bentrokan dengan aparat militer Israel di Jalur Gaza, Jumaat (6/4/2018). Militer Israel melepaskan tembakan saat sebagian demonstran berusaha menerobos pagar pembatas di perbatasan. Selain korban tewas, ratusan orang dilaporkan terluka dalam demonstrasi berdarah itu.

"Sekitar 408 warga Palestina terluka dalam insiden tersebut. Mereka telah dibawa ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan," demikian keterangan pemerintah Palestina seperti dilansir Channel News Asia, Sabtu (7/4/2018).

Kabarnya, ada enam wartawan Palestina yang tertembak dalam insiden tersebut. Demonstrasi ini diikuti hampir 20.000 orang. Mereka berkumpul di bagian selatan Gaza yang diblokir oleh pasukan Israel. Para demonstran itu membakar gundukan ban dan melempar batu kepada tentara Israel yang dibalas dengan gas air mata dan tembakan.

Demonstrasi besar-besaran ini dipicu oleh Israel yang mengakui Yerusalem sebagai ibu kotanya. Mereka juga menuntut Israel mengambalikan tanah leluhur yang dikuasai. Seperti diketahui, selama ini Israel sering mencaplok tanah Palestina untuk mendirikan permukiman ilegal.

Pemerintah Israel telah lama mengesampingkan tuntutan orang-orang Palestina tersebut. Mereka menyebut aksi protes tersebut dilakukan oleh kelompok teroris berusaha menerobos perbatasan secara ilegal.