Pendaki Selandia Baru yang Hilang di Merbabu, Ditemukan Tewas

Gunung Merbabu. (Solopos/Dok)
07 April 2018 10:52 WIB Imam Yuda Saputra Nasional Share :

Semarangpos.com, SEMARANG – Pencarian pendaki asal Selandia Baru, Andrey Voytech yang dikabarkan hilang di Gunung Merbabu sejak sepekan terakhir, akhirnya membuahkan hasil. Andrey ditemukan tim SAR gabungan di jalur pendakian Thekelan dalam kondisi sudah tak bernyawa, Sabtu (7/4/2018).

Kepala Basarnas Jawa Tengah (Jateng), Noer Isrodin, mengatakan tim SAR gabungan menemukan tubuh Andrey di sungai di jalur pendakian Thekelan, Sabtu sekitar pukul 08.40 WIB. Diduga, pria asal Selandia Baru itu tewas setelah terjatuh dari tebing dengan ketinggian sekitar 8 meter.

“Saat ini jasadnya sedang dievakuasi dan akan dibawa ke RSUD Salatiga. Dengan ditemukannya jasad korban, praktis operasi pencarian resmi ditutup,” ujar Noer saat dihubungi Semarangpos.com, Sabtu.

Pendaki asal Selandia Baru itu sebelumnya dikabarkan hilang setelah melakukan pendakian di Gunung Merbabu pada Jumat (30/3/2018).

Selama melakukan pendakian, ia sempat memberikan kabar kepada teman wanitanya. Namun, sejak Sabtu (31/3/2018), pendaki berusia 39 tahun itu sudah hilang kontak.

Teman wanitanya pun melaporkan perihal hilangnya Andrey kepada aparat kepolisian, yang dilanjutkan dengan operasi pencarian oleh tim SAR gabungan.

“Informasi yang kami peroleh, dia tidak melapor ke posko pendakian selama melakukan pendakian ke Gunung Merbabu. Makanya, kami kesulitan mencari keberadaannya hingga membutuhkan waktu selama tujuh hari,” ujar Noer.