Jelang Ramadan dan Idulfitri, Pemerintah Siapkan Daging Sapi Impor

Ilustrasi daging sapi (Bisnis/Deliana Pradhita Sari)
06 April 2018 09:45 WIB Yodie Hardiyan Nasional Share :

Solopos.com, JAKARTA – Bulan Ramadan yang sudah di depan mata membuat pemerintah mulai menyiapkan strategi untuk menstabilkan kebutuhan bahan pokok. Kementerian Perdagangan mengatakan pihaknya telah menyiapkan daging sapi impor.

Menteri Perdagangan Enggartiasto Lukita mengatakan daging tersebut diimpor dari India serta daging beku paha depan berasal dari Australia, Selandia Baru, Meksiko, dan Spanyol. Pemerintah juga mengkaji kemungkinan impor dari Brasil.

"Saya hanya akan mengeluarkan izin impor daging [sapi] paha depan dan sebagainya. Kalau paha belakang kalau lebih dari Rp80.000 kita tolerir. Kalau mau Rp80.000 alhamdulillah. [Izin impor] bagi mereka yang bersedia menjual kepada konsumen dengan harga Rp80.000," katanya dalam konferensi pers usai rapat terbatas membahas persiapan perayaan Idulfitri di Kantor Presiden, Jakarta, Kamis (5/4/2018).

Enggartiasto mengatakan apabila tidak ada importir yang bersedia melakukan impor maka pemerintah melalui BUMN akan mengimpor daging tersebut.

"Kalau tidak ada yang mau kami impor sendiri melalui BUMN. Jadi itu yang kami siapkan. Pasokan tidak ada soal," katanya.