Sport
Sabtu, 20 April 2024 - 17:42 WIB

Lando Norris Duduki Pole Position pada Kualifikasi Sprint Grand Prix Cina

Redaksi Solopos.com  /  Akhmad Ludiyanto  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pembalap McLaren asal Inggris, Lando Norris, saat sesi kualifikasi Grand Prix Inggris Formula Satu di sirkuit Silverstone, Inggris, Sabtu (8/7/2023). (Antara/AFP/Ben Stansall/am)

Solopos.com, JAKARTA – Pembalap McLaren Lando Norris merebut pole position pada kualifikasi balapan Sprint Grand Prix Cina yang digelar di Sirkuit Internasional Shanghai, Jumat (19/4/2024).

Norris menaklukkan kondisi trek basah nan menantang dan menjadi yang tercepat di depan para pembalap veteran, yakni juara GP China 2019 Lewis Hamilton (Mercedes) dan Fernando Alonso (Aston Martin), yang melengkapi podium.

Advertisement

Hamilton terpaut tipis 1,261 detik dari kompatriotnya, sementara Alonso memiliki margin 1,975 detik dari sang pemimpin balapan.

Pemimpin klasemen sementara sekaligus juara bertahan Max Verstappen (Red Bull) terlihat masih cukup kesulitan dengan trek di Shanghai. Setelah menyelesaikan sesi latihan bebas di posisi tiga, ia kini harus puas berada di posisi keempat pada kualifikasi Sprint GP China dengan selisih waktu 2,088 detik dari Norris.

Menyusul di belakangnya adalah Carlos Sainz (Ferrari) yang bangkit dari kesulitannya pada sesi pertama, dengan selisih kurang lebih 0,2 detik saja dari Verstappen.

Advertisement

Sementara Sergio Perez (Red Bull) dan Charles Leclerc (Ferrari) masing-masing berada di posisi keenam dan ketujuh. Berada di belakangnya adalah rekan satu tim Norris, Oscar Piastri, dan duo Kick Sauber Valtteri Bottas serta Zhou Guanyu melengkapi posisi 10 besar pada sesi kualifikasi Sprint GP China 2024.

Adapun GP China, yang kembali masuk ke kalender F1 setelah absen empat tahun, hanya akan diisi dengan satu sesi latihan. Hal ini menyusul format baru dari Sprint, dimana semua pembalap harus mengikuti sesi kualifikasi untuk balapan pendek ini pada hari Sabtu.

Perubahan ini berarti tim akan dapat menyesuaikan pengaturan mobil mereka setelah balapan Sprint untuk kualifikasi balapan utama, yang sebelumnya tidak diperbolehkan.

Advertisement

Sementara itu, balapan Sprint dan kualifikasi balapan utama, masing-masing akan digelar pada Sabtu (20/4/2024) pukul 10.00 dan 14.00 WIB.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif