Cuma 3 PTS di Jawa Tengah yang Terakreditasi A

JIBI/harian Jogja - dokumen
23 Agustus 2017 05:00 WIB Insetyonoto Nasional Share :

Dari 252 perguruan tinggi swasta (PTS) di Jawa Tengah, ternyata hanya tiga yang terakreditasi A.

Solopos.com, SOLO—Menurut Koordinator Kopertis Wilayah VI Jateng, D.Y.P Sugiharto, tiga PTS tersebut adalah Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS), Universitas Dian Nuswantara (Udinus) Semarang, dan Universitas Katolik (Unika) Soegijapranata Semarang.

“Sebagian besar PTS di Jateng akreditasi institusinya masih C,” kata dia saat ditemui Solopos.com seusai menjadi pembicara seminar nasional di Universitas Tunas Pembangunan (UTP) Solo, Selasa (22/8/2017).

Sedangkan PTS yang telah memiliki akreditasi institusi B, lanjut dia, tercatat sebanyak 32 lembaga. “Saat ini ada 40 PTS yang dalam proses kenaikan akreditasi institusi dari C ke B,” imbuh dia.

Sugiharto menyatakan di Jateng ada 252 PTS yang terdiri dari universitas, institut, sekolah tinggi, politeknik, dan akademi. Untuk meningkatkan akreditasi institusi PTS, Kopertis Wilayah VI Jateng telah mendampingi secara teknik maupun membawa proposal ke Kementerian Riset Teknologi dan Perguruan Tinggi (Kemenrsitekdikti).

“Ibaratnya kami memberikan pendampingan secara klinis karena membawa proposal borang akreditasi institusi PTS ke Kemenristekdikti di Jakarta,” jelas dia.

Sesuai Peraturan Menteri Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Permenristekdikti) No. 32/2016, semua perguruan tinggi harus memiliki akreditasi institusi. Penetapan akreditasi institusi perguruan tinggi yang terdiri atas C, B, dan A dilakukan oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Sementara itu, Ketua Asosiasi Perguruan Tinggi Swasta Indonesia (Aptisi) Komisariat II Surakarta, Ali Mursyid Wahyu, sebelumnya menyatakan PTS di Soloraya yang akreditasi institusinya A dan B masih sedikit. Kebanyakan PTS terakreditasi institusi C.

Menurut dia, PTS yang akreditasi institusinya A di Soloraya hanya Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS). Sedangkan akreditasi institusi B adalah Universitas Veteran Bangun Nusantara (Univet Bentara) dan Universitas Slamet Riyadi (Unisri). “Akreditasi institusi PTS dapat meningkatkan kepercayaan masyarakat sehingga memilih kuliah di PTS tersebut,” kata dia.