News
Senin, 4 Januari 2010 - 20:19 WIB

Ratusan peserta UNPK tak lulus ujian

Redaksi Solopos.com  /  Indah Septiyaning Wardani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solo (Espos)–Ratusan peserta ujian nasional pendidikan kesetaraan (UNPK) Solo periode II dinyatakan tidak lulus. Kepala Dinas Pendidikan Pemuda dan Olahraga (Disdikpora) Solo, Rachmat Sutomo mengimbau pihak sekolah untuk mengecek ijazah siswa tersebut.

Sejumlah siswa yang mengikuti UNPK paket B atau setara SMP dan paket C atau setara SMA periode II tersebut sebagian besar telah mengenyam pendidikan di jenjang atas. Meskipun ijazah tersebut diberikan pada tahun yang sama, namun tidak berarti ijazah tersebut dapat digunakan untuk mengikuti ujian nasional. Sesuai persyaratan yang untuk mengikuti UN, umur ijazah UNPK sekurang-kurangnya tiga tahun.

Advertisement

Menurut Rahmat, karena belum terdapat Daftar nominasi sementara (DNS) dan daftar nominasi tetap (DNT), maka belum dapat dipastikan apakah mereka dapat mengikuti UN. “Imbauannya sekolah harus mengadakan pengecekan siswa,” jelasnya ketika dijumpai wartawan di kantornya, Senin (4/12).

Sementara itu menurut Kepala Bidang Pendidikan Nonformal (PNF), Wandowo, penundaan pengumuman yang seharusnya dilakukan pada hari Sabtu lalu lantaran pihaknya harus mengadakan pengecekan apakah laporan tersebut sesuai dengan data Disdikpora. Dia mengatakan, berdasarkan hasil rekapitulasi hasil ujian faktor utama yang menyebabkan siswa tidak lulus karena mereka tidak hadir dalam ujian.

Dia mengatakan, sejumlah siswa yang dinyatakan tidak lulus pada kesempatan tahap dua itu seharusnya mereka mengikuti kejar paket. Selain pihak sekolah mengadakan pengecekan, hal tersebut harus dipahami siswa maupun orangtua. Dia mengatakan, tanpa adanya ijazah yang menyatakan kelulusan maka mereka tidak diperbolehkan mengikuti ujian, meskipun mereka sekarang ini telah diterima di sekolah tahap lanjut.

Advertisement

das

Advertisement
Advertisement
Kata Kunci : Ratusan Peserta UNPK
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif