News
Kamis, 11 Juni 2015 - 08:30 WIB

PUTRA JOKOWI NIKAH : 6.000 Serabi Notosuman Dimasak di Graha Saba Buana

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon mempelai wanita, Selvi Ananda, melambaikan tangannya saat akan memberikan keterangan pada wartawan seusai menjalani prosesi Siraman di kediamannya, Jl. Kutai Raya, Sumber, Solo, Rabu (10/6). Prosesi Siraman tersebut berjalan lancar dan dihadiri kerabat serta puluhan tamu undangan. (Ivanovich Aldino/JIBI/Solopos)

Putra Jokowi nikah. Resepsi Gibran-Selvi dilangsungkan di Graha Saba Buana.

Solopos.com, SOLO — Ada yang spesial dari sekian banyak menu hidangan di acara resepsi pernikahan Gibran Rakabuming Raka dengan Selvi Ananda. Menu yang nantinya menjadi pelengkap menu utama itu adalah srabi notosuman. Yang spesial dari hidangan ini adalah cara penyajiannya, yakni langsung dimasak pada saat acara resepsi.

Advertisement

Ya, Srabi khas Kota Solo itu akan dihidangkan panas-panas untuk para tamu. Srabi itu akan dimasak di dalam gedung Graha Saba Buana, tempat resepsi pernikahan. Rencananya sebanyak 6.000 porsi srabi notosuman akan memanjakan lidah seluruh tamu undangan.

Pemilik srabi notosuman, Yohana, mengatakan baru kali ini dia mendapatkan pesanan sebanyak itu. “Terakhir saya dapat pesanan sebanyak 3.000 porsi. Itu juga yang pesan bapak Jokowi waktu open house. Tempatnya juga di sini [graha saba buana],” kata dia saat ditemui Solopos.com di Graha Saba Buwana, Rabu (10/6/2015) Sore.

Sore itu, Yohana baru saja menyiapkan sejumlah peralatan yang akan digunakan untuk memasak saat resepsi di Graha Saba Buana. Dia mengatakan sudah menyiapkan enam kompor gas dan 108 wajan berukuran kecil. “Jadi satu kompor bisa untuk 18 wajan,” kata dia. Sebanyak 10 orang akan bertugas melayani ribuan tamu.

Advertisement

Srabi Satu Rasa

Menurut Yohana, srabi yang yang akan dihidangkan nanti hanya satu rasa, yakni rasa original. Yohana juga membeberkan bahan-bahan yang digunakan untuk membuat Srabi Notosuman. Bahan-bahan tersebut di antaranya santan, tepung beras, dan gula pasir.

Untuk membuat santan, dia menghabiskan 300 buah kelapa, sedangkan untuk membuat beras menghabiskan sebanyak 100 kg.

Advertisement

Juru masak Chilli Pari Catering, Bejo Utomo, mengatakan sejumlah jajanan akan menjadi menu tambahan dalam resepsi pernikahan Gibran-Selvi, di antaranya Srabi Notosuman, Sosis Solo, Perawan Ayu, Plor Kopyor, dan sebagainya. Sedangkan minuman di antaranya Gula Asem, Beras Kencur, Aneka Jus, Koptil, dan sebagainya.

“Seluruh makanan yang ditampilkan itu semuanya khas Solo. Kami ingin mengenalkan makanan khas solo kepada para tamu,” jelas Bejo kepada Espos, Rabu.

Sementara itu, Budayawan Solo, Mufti Raharjo, mengatakan sajian menu yang yang ditampilkan di resepsi pernikahan Gibran-Selvi merupakan penguatan terhadap kuliner Jawa .

“Jadi makanan tradisional jawa berasal dari hasil bumi. Ini menggambarkan sebahagia apapun dia [pengantin] maka akan berpijak pada bumi. Selain higienis, makanan jawa juga simbol seorang yang bersahaja,” jelas dia saat ditemuiEspos, Rabu

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif