News
Kamis, 20 Juli 2023 - 16:37 WIB

Punya Harta Nyaris Rp15 Miliar, Ini Sosok Pengemis Terkaya di Dunia

Nizar Fachri Rabbani  /  Muh Khodiq Duhri  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengemis (Freepik)

Solopos.com, JAKARTA – Seorang pengemis asal India bernama Bharat Jain diketahui memiliki kekayaan bersih nyaris Rp15 miliar. Tak heran, Bharat Jain pun disebut-sebut sebagai pengemis terkaya di dunia.

Dilansir dari Financial Express, Kamis (20/7/2023), perjalanan Bharat Jain dari yang sederhana hingga menjadi pengemis kaya raya sungguh luar biasa. Lahir dari keluarga yang terbatas secara finansial, dia tidak dapat mengejar pendidikan formal, yang membatasi prospeknya untuk mendapatkan pekerjaan yang stabil.

Advertisement

Terlepas dari kendala ini, Bharat Jain berhasil menciptakan kehidupan untuk dirinya dan keluarganya melalui profesinya yang tidak lazim. Dengan kekayaan bersih US$1 juta atau sekitar Rp15 miliar, pendapatan Bharat Jain dari mengemis sangatlah banyak hingga ia dijuluki sebagai pengemis terkaya di dunia.

Penghasilan bulanannya berkisar antara Rs60.000-Rs75.000 atau sekitar Rp10 juta hingga Rp13 juta. Dia menginvestasikan hasil mengemisnya di bidang real estate. Dia juga memiliki flat dua kamar tidur di Mumbai dan dua toko di Thane yang menghasilkan pendapatan sewa bulanan sebesar Rs30.000 atau sekitar Rp5 juta.

Dalam rentang waktu 10 hingga 12 jam, dia berhasil mengumpulkan sekitar Rp450.000 hingga Rp500.000 per hari. Bharat Jain, pengemis terkaya di dunia itu adalah pria yang sudah menikah dan ayah dari dua putra.

Advertisement

Dedikasinya untuk memastikan anak-anaknya mengenyam pendidikan patut diacungi jempol dan keduanya berhasil menyelesaikan studinya. Pencapaian ini merupakan bukti ketangguhan Bharat Jain dan tekadnya untuk memutus lingkaran kemiskinan.

Terlepas dari kekayaannya yang besar dan sumber pendapatan alternatifnya, Bharat Jain terus terlihat mengemis di jalanan Mumbai. Pilihannya untuk bertahan dalam pekerjaan ini, terlepas dari permintaan anggota keluarganya, cukup membingungkan. Itu sebabnya, ia mendapat julukan sebagai pengemis terkaya di dunia.

Banyak yang berpendapat bahwa dedikasinya untuk mengemis didorong oleh kombinasi kebiasaan, rasa kebersamaan dengan sesama pengemis dan kepuasan emosional yang dia peroleh dari interaksinya dengan orang-orang yang memberinya sedekah.

Advertisement

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul Pengemis Terkaya di Dunia, Bharat Jain Punya Harta Nyaris Rp15 Miliar.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif