News
Sabtu, 18 November 2017 - 18:30 WIB

Psikolog Bahas Pura-Pura Sakit, Sindir Drama Papa Tabrak Tiang?

Redaksi Solopos.com  /  Jafar Sodiq Assegaf  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Gangguan mental Malingering (Instagram)

Psikolog Mellissa Grace membahas tentang gangguan mental orang yang kerap pura-pura sakit.

Solopos.com, SOLO – Ini kedua kalinya Ketua DPR, Setya Novanto (Setnov) harus dirawat di rumah sakit setelah ditetapkan sebagai tersangka dugaan korupsi E-KTP. Kalau kemarin Setnov dirawat karena sakit. Kini ia dirawat karena mengalami kecelakaan. Peristiwa ini mengundang kecurigaan warganet kalau pria yang juga menjabat Ketua Umum Partai Golkar itu hanya pura-pura dengan sakit dan kecelakaan yang menimpanya.

Advertisement

Kecurigaan warganet dicuitkan di media sosial Twitter, beberapa di antaranya mengibaratkan sikap Setnov seperti anak SD yang pura-pura sakit demi terhindar dari kewajiban mengerjakan tugas.

“Tak pikir kasus kayak gini teringat masa kecilku ketika malas pelajaran, menolak untuk mengerjakan PR dan tanggung jawab. Caranya dengan pura-pura sakit terus ke UKS. Problem Solved, #TangkapNovanto,” cuit @muhannis27.

Advertisement

“Tak pikir kasus kayak gini teringat masa kecilku ketika malas pelajaran, menolak untuk mengerjakan PR dan tanggung jawab. Caranya dengan pura-pura sakit terus ke UKS. Problem Solved, #TangkapNovanto,” cuit @muhannis27.

“Ada orang ky SN, udah dijadiin tersangka pura-pura sakit. Ga jadi tersangka lagi sembuh. Pakai acara nuntut orang bikin meme. Dijadiin tersangka kabur lagi. Itu nabrak juga sengaja paling,” cuit @dimaskp.

Membahas tentang pura-pura sakit, psikolog Mellissa Grace mengunggah informasi mengenai hal itu di akun Instagram @mellissa_grace, Kamis (16/11/2017). Ia menginformasikan kalau tindakan pura-pura sakit atau berpura-pura memunculkan gejala penyakit baik fisik maupun mental bisa digolongkan sebagai gangguan mental bernama Malingering.

Advertisement

Mellissa menekankan tidak semua orang yang pura-pura sakit bisa digolongkan menderita gangguan mental. Namun mereka bisa dianggap mengalami gangguan Malingering saat mereka sudah tak lagi dapat mengontrol intensitas, durasi, dan frekuensi perilaku berpura-pura sakit.

Seseorang juga bisa disebut menderita Malingering saat kepura-puraannya mengganggu aktivitas sehari-hari dan menimbulkan efek stres negatif  bagi orang tersebut serta orang-orang disekitarnya.

Unggahan Mellissa Grace tak perlu waktu lama untuk viral. Warganet pun menghubung-hubungkan informasi dari Mellissa dengan apa yang terjadi dengan Setnov.

Advertisement

“Hehe, Papah banget ini Kak Mel,” tulis @mingukiee_

“Kok mirip-mirip si pejabat itu ya Mbak,” tulis @etikatitik.

“Ni jawaban dari ‘drama’ yang jadi viral pagi tadi, hehe,” tulis @lutfiyah3z.

Advertisement

“Oh gitu ya Mbak Grace, saya kira Papa Syndrom,” tulis @hudadeybi.

“Kok jadi keinget kasusnya si Papah,” @diannprwtha.

“Baru nonton berita pagi ini, trus keinget sama postingan ini yang aku baca kemarin malam. Mungkin kebetulan mirip ya,” tulis @desaknyomanyuliasih.

Advertisement
Kata Kunci : Setya Novanto Viral
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif