News
Senin, 5 Februari 2024 - 18:59 WIB

Profil Capres Anies Baswedan, Cucu Pahlawan yang Tawarkan Perubahan

Chelin Indra Sushmita  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Calon presiden nomor urut 1 Anies Rasyid Baswedan menyapa pendukungya saat kampanye akbar di pelantran parkir Stadion H Dimurthala, Banda Aceh, Aceh, Sabtu (27/1/2024). ANTARA/Khalis Surry

Solopos.com, SOLO – Anies Baswedan adalah salah satu kandidat calon presiden (capres) 2024 yang menyimpan kisah hidup menarik. Pria kelahiran Kuningan, Jawa Barat, 17 Mei 1969 itu lahir dari pasangan Rasyid Baswedan dan Alifah Rasyid. Berikut profil capres Anies Baswedan selengkapnya.

Meski lahir di tanah Sunda, pria bernama lengkap Anies Rasyid Baswedan itu besar di Yogyakarta. Sedari kecil Anies memang kental dengan lingkungan akademis. Ayahnya adalah seorang dekan di Universitas Islam Indonesia (UII), sedangkan ibunya merupakan Guru Besar di Universitas Negeri Yogyakarta (UNY).

Advertisement

Selain memiliki ikatan erat dengan dunia akademis Anies ternyata juga mengalir darah seorang nasionalis sekaligus tokoh jurnalis berdarah Arab, yaitu Abdurrahman Baswedan.

Dalam profilnya, capres Anies Baswedan pernah mengenyam pendidikan di Taman Kanak-Kanak Masjid Syuhada, Yogyakarta. Dia kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 2 Percobaan, Sekolah Menengah Pertama Negeri 5, dan Sekolah Menengah Akhir Negeri 2 yang semuanya berlokasi di Yogyakarta.

Advertisement

Dalam profilnya, capres Anies Baswedan pernah mengenyam pendidikan di Taman Kanak-Kanak Masjid Syuhada, Yogyakarta. Dia kemudian melanjutkan pendidikan di Sekolah Dasar Negeri 2 Percobaan, Sekolah Menengah Pertama Negeri 5, dan Sekolah Menengah Akhir Negeri 2 yang semuanya berlokasi di Yogyakarta.

Di masa SMAnya itu juga, Anies kali pertama menjajal program pertukaran pelajar ke luar negeri selama setahun di Amerika Serikat. Beres dari Negeri Paman Sam, dirinya langsung mendaftar sebagai mahasiswa Fakultas Ekonomi Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada 1989.

Selepas menempuh pendidikan Sarjana selama enam tahun, dia kemudian menjadi dosen di almamaternya. Beberapa tahun berselang, Anies kembali melanjutkan pendidikan di Amerika Serikat sebagai magister di Marryland University pada 1996. Tiga tahun yakni 1999 dia menempuh pendidikan doktoral di Northern Illinois University.

Advertisement

Dirinya yang kala itu masih berusia 16 tahun sudah memikul mandat menjadi Ketua bagi OSIS se-Indonesia pada 1985. Tak hanya itu, sesaat setelah lulus SMA, dia langsung terjun menjadi jurnalis Televisi Republik Indonesia (TVRI) di Yogyakarta.

Kepiawaiannya berdialog pun ditunjukkannya dengan mewawancarai sejumlah tokoh penting di Indonesia, salah satunya Ibu Tien Soeharto.

Sembari aktif sebagai jurnalis, pria yang kini kerap disapa Abah itu juga pernah menjadi aktivis demonstrasi yang menolak rencana sistem Sumber Dermawan Sosial Berhadiah (SDSB) atau judi lotre.

Advertisement

Sebelum mencatatkan profil seperti sekarang ini, capres Anies Baswedan pernah menjabat sebagai peneliti dan koordinator di Pusat Antar Universitas Studi Ekonomi UGM setelah lulus kuliah. Dirinya juga pernah menjadi Direktur Riset di The Indonesian Institute.

Suami dari Fery Farhati itu juga tercatat sebagai rektor termuda saat memimpin Universitas Paramadina di Jakarta. Sebelum menjadi kanidat capres, dia lebih dulu ditunjuk sebagai moderator pada Debat Calon Presiden 2009.

Pria yang kini kerap live Tiktok itu juga pernah menjadi Juru Bicara pasangan Joko Widodo-Jusuf Kalla pada tahun 2014 lalu.

Advertisement

Anies pun tercatat pernah Menjadi Menteri Pendidikan dan Kebudayaan di era pemerintahan Joko Widodo meskipun tidak bertahan lama. Terkena reshuffle saat menjadi menteri tidak membuat Anies patah arang.

Justru setelahnya, ia bersama Sandiaga Uno justru berhasil memenangkan kontestasi Pemilihan Gubernur DKI Jakarta 2017. Jabatannya sebagai Gubernur pun turut diembannya selama lima tahun dengan baik.

Anies Baswedan kini mungkin sudah tak memiliki jabatan, meski begitu jabatan-jabatannya di masa lalu turut ia tutup dengan sejumlah prestasi seperti berikut:

1. Saat Menjadi Menteri Pendidikan

2.Ketika Menjadi Gubernur DKI Jakarta

Di balik wajahnya yang murah senyum, sosok capres Anies Baswedan yang dijuluki el chef itu ternyata menyimpan sejumlah kisah dan prestasi membanggakan. Hal inilah yang menjadi modal baginya dalam mengikuti pertarungan politik menuju pesta demokrasi mendatang. (Solopos.com/Aryo Satryo Tamtomo)

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif