News
Kamis, 27 Oktober 2022 - 07:00 WIB

Prodi Sistem Informasi UDB Solo Kembangkan Pembelajaran Berbasis Pengalaman

Bc  /  Sri Sumi Handayani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta menggelar workshop Pengembangan Inovasi Pembelajaran dengan tema Pengembangan Inovasi Pembelajaran dengan Pendekatan Studi Kasus dan Project Based Learning di Bidang Data Sceince. (Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Program Studi S1 Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa (UDB) Surakarta mengembangkan inovasi model pembelajaran berbasis pengalaman atau project based learning.

Data science keahlian sangat penting pada era teknologi informasi karena melakukan pengolahan data. Keahlian yang dimiliki adalah menganalisis, memvisualisasikan, dan mengolah data. Keahlian tersebut dapat membantu perusahaan dalam proses pengambilan keputusan.

Advertisement

Bidang data science adalah bidang yang sangat diminati saat ini. Perusahaan swasta maupun pemerintah mulai melirik data scientist dan mengimplementasikan teknologi pendukung analisa data di dalam organisasi.

Program Studi S1 Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta terus berinovasi dan meningkatkan kompetensi lulusan untuk menghadapi disrupsi digital di era VUCA World.

Advertisement

Program Studi S1 Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer Universitas Duta Bangsa Surakarta terus berinovasi dan meningkatkan kompetensi lulusan untuk menghadapi disrupsi digital di era VUCA World.

Dosen dan mahasiswa prodi Sistem informasi UDB Solo tidak hanya memenuhi tuntutan akan kemampuan kekinian tetapi juga harus disertai jaminan mutu pembelajaran. Kemudian, mampu mengakomodasi dan memecahkan masalah Dunia Usaha dan Dunia Industri (DUDI).

Baca Juga : Universitas Duta Bangsa Solo Susun SPMI Demi Jamin Mutu Internal

Advertisement

PBL dapat membuat proses pembelajaran lebih aktif dan dinamis. Mahasiswa dapat memaksimalkan penggunaan audio, visual, dan kinestetik dalam kegiatan pembelajaran sesuai dengan permasalahan DUDI.

Workshop PBL

Penerapan PBL pada mahasiswa diharapkan dapat mengidentifikasi apa yang sudah mereka ketahui, apa yang perlu mereka ketahui, dan bagaimana mendapatkan informasi baru untuk dapat menyelesaikan masalah DUDI. Proses pembelajaran ini memungkinkan mahasiswa mengembangkan ketrampilan yang digunakan untuk masa mendatang.

Oleh karena itu prodi S1 Sistem Informasi Fakultas Ilmu Komputer UDB Surakarta mengadakan workshop Pengembangan Inovasi Pembelajaran dengan tema Pengembangan Inovasi Pembelajaran dengan Pendekatan Studi Kasus dan Project Based Learning di Bidang Data Sceince.

Advertisement

Baca Juga : Mahasiswa Hukum UDB Solo Pelajari Penerapan Restorative Justice di Kejari Solo

Workshop tersebut diharapkan dapat meningkatkan kualitas pembelajaran berbasis PBL di didang Data Sceince. Dalam kegiatan workshop ini menghadirkan dua narasumber, yaitu pakar data science dari Universitas AMIKOM Yogyakarta Prof. Dr. Kusrini, M. Kom dan praktisi data science dari PT. Sadasa Akademi Indonesia Krisostomus Nova Rahmanto.

Kusrini menyampaikan tentang Penyusunan Model Pembelajaran Berbasis Base Learning pada Data Science sedangkan Krisostomus Nova Rahmanto menyampaikan materi Model Pembelajaran Berbasis Project Base Learning pada Dunia Usaha dan Industri.

Advertisement

Workshop ini diikuti dosen prodi S1 Sistem Informasi dan diselenggarakan selama sehari di Solo Grand City Hotel Surakarta. Workshop dibuka Rektor Universitas Duta Bangsa Surakarta, Dr. Singgih Purnomo, M. M.

Peserta workshop antusias mengikuti workshop. Salah satunya karena banyak pertanyaan dan diskusi dengan narasumber. Kegiatan workshop ini merupakan salah satu rangkaian Program Kompetisi-Kampus Merdeka (PK-KM) tahun 2022.

Ketua Program Studi S1 Sistem Informasi, Eko Purwanto, M. Kom. menyampaikan kegiatan workshop untuk memberikan pendampingan kepada dosen dalam penyusunan inovasi pembelajaran PBL di bidang data science.

Baca Juga : Keahlian Data Science Banyak Dicari, UDB Solo Gelar Visiting Lecturer

“Khususnya pada mata kuliah statistic, data mining, basis data, phyton programming, dan advance algorithm. Setelah mengikuti workshop diharapkan peserta dapat memahami dan mampu menyusun model pembelajaran berbasis project based learning. Khususnya, pada mata kuliah yang mendukung data science,” tutur dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif