News
Senin, 11 Desember 2023 - 12:59 WIB

Pro-Kontra RUU DKJ, Jokowi Tak Setuju Gubernur Jakarta Dipilih Presiden

Akbar Evandio  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo bersama sejumlah menteri menabuh rebana dalam Kick Off" Keketuaan ASEAN Indonesia 2023, di kawasan Bundaran Hotel Indonesia (HI), Jakarta, Minggu (29/1/2023). (Istimewa/Biro Pers Setpres/Lukas)

Solopos.com JAKARTA – Presiden Joko Widodo (Jokowi) menyampaikan bahwa sikap pemerintah tidak setuju dengan salah satu isi dari draf rancangan undang-undang (RUU) Daerah Khusus Jakarta (DKJ), yakni penunjukkan langsung Gubernur Jakarta oleh Presiden. 

Untuk diketahui, salah satu isi draf tersebut menyebutkan bahwa nantinya gubernur Jakarta akan ditunjuk langsung oleh presiden. Rancangan aturan ini merupakan inisiatif DPR. 

Advertisement

“Kalau saya, kalau tanya saya, [saya setuju] Gubernur dipilih langsung [oleh masyarakat],” ujarnya kepada wartawan usai melakukan peresmian Stasiun Pompa Ancol Sentiong, Pademangan, Jakarta Utara, Senin (11/12/2023), dilansir Bisnis.com.

Orang nomor satu di Indonesia itu mengaku hingga saat ini RUU yang merupakan inisiasi dari DPR itu belum sampai di wilayah eksekutif. 

Oleh sebab itu, Kepala Negara menekankan baha pemerintah akan tetap menghormati proses yang tengah terjadi terkait dengan rancangan undang-undang tersebut. 

Advertisement

“Itu kan masih dalam bentuk RUU, rancangan UU dan itu inisiatif DPR belum sampai ke wilayah pemerintah, belum sampai ke meja saya juga. Sehingga biarkan itu berproses,” pungkas Jokowi.

Sekadar informasi, apabila mengacu Pasal 10 ayat (2) draf RUU DKJ menyatakan gubernur dan wakil gubernur Jakarta ditunjuk langsung oleh presiden dengan memperhatikan pendapat atau usulan DPRD. 

RUU DKJ itu pun sudah disetujui menjadi RUU usulan DPR dalam rapat paripurna, Selasa (5/12/2023).

Advertisement

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Jokowi Tak Setuju Gubernur Jakarta Ditunjuk Presiden, RUU DKJ Bakal Direvisi?”

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif