News
Jumat, 3 Maret 2023 - 15:53 WIB

Prima Biang Kerok Pemilu Ditunda, Parpol Bentukan Partai Rakyat Demokratik

Rudi Hartono  /  Newswire  /  Rudi Hartono  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Bendera Partai Prima (Facebook)

Solopos.com, SOLO–Partai Rakyat Adil Makmur (Prima) menjadi sorotan publik Tanah Air menyusul adanya putusan Pengadilan Negeri Jakarta Pusat (PN Jakpus) yang memerintahkan Komisi Pemilihan Umum (KPU) menghentikan dan memulai tahapan Pemilihan Umum (Pemilu) 2024 dari awal.

Putusan itu dinilai sama halnya berkonsekuensi pada penundaan pemilu. Berbagai pihak bereaksi, mulai dari pengamat, ahli hukum tata negara, legislator, partai, tokoh partai, menteri, hingga warga internet (warganet).

Advertisement

Tak sedikit orang yang belum mengetahui tentang Prima. Media sosial (mendos) Twitter riuh, banyak warganet yang membicarakan tentang putusan PN Jakpus itu dan tentang Prima.

Prima itu partainya siapa, apa programnya, dan siapa saja pengurusnya? Berikut ulasannya.

Penelusuran Solopos.com melalui Antara, Jumat (3/3/2023), Prima diprakarsai oleh Partai Rakyat Demokratik (PRD) sebagai wadah berkumpulnya orang yang anti terhadap Presiden Soeharto di era Orde Baru.

Advertisement

Orang-0rang yang tergabung dalam Prima mengklaim Prima berisikan aktivis gerakan sosial, serikat buruh, aktivis/tokoh Islam, pelaku usaha kecil dan menengah (UKM), kaum profesional, aktivis perempuan, dan anak-anak muda.

Ketua Umum (Ketum) PRD juga bertindak sebagai Ketua Umum Prima, yakni Agus Jabo Priyono. Agus Jabo yang dikenal sebagai aktivis gerakan reformasi itu mendeklarasikan Prima di Gedung Perfilman Usmar Ismail, Jakarta, Selasa (1/6/2021) lalu, bertepatan dengan Hari Lahir Pancasila.

Sang deklarator Prima, Agus Jabo, menyebut partainya menawarkan visi politik kesejahteraan demi mewakili kelompok masyarakat kecil dan terpinggirkan.

“Prima partainya rakyat biasa, lahir di tengah pusaran arus kehidupan bangsa yang keras, baik karena pandemi, masalah ekonomi yang semakin jauh dari prinsip-prinsip kemanusiaan dan keadilan, polarisasi kehidupan berbangsa yang akut, dan hilangnya gagasan besar untuk membangun kehidupan yang adil, aman, dan damai,” kata Agus Jabo saat itu.

Advertisement

Prima menawarkan empat program kerja.

Pertama, Prima akan memperjuangkan reformasi perpajakan di Indonesia agar lebih berkeadilan.

Kedua, Prima akan mendorong pemerintah memanfaatkan sumber daya untuk kemakmuran rakyat. Selain itu mendorong kemandirian industri nasional, pembangunan sektor pertanian yang modern, penguatan usaha kecil, mikro, dan menengah (UMKM), serta koperasi.

Ketiga, Prima menjadikan Indonesia sebagai negara maju yang kuat dan berdikari, baik ekonomi, politik, maupun sosial budaya dengan sistem demokrasi partisipatif, pemerintahan bersih, dengan sumber daya yang unggul, setara, dan tidak lagi menjadi pengikut negara lain.

Advertisement

Keempat, Prima ingin Indonesia sebagai negara yang aktif menjaga perdamaian dunia.

Solopos.com berupaya menelusuri lebih jauh tentang Prima melalui website partai tersebut yakni prima.or.id. Namun, website tersebut sudah tidak bisa diakses dan berstatus under construction.

Antara pernah mengakses website tersebut saat masih aktif. Laman Prima menyebut Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia mengesahkan Prima sebagai partai politik pada akhir 2020.

Pada laman itu, Prima mengusung nilai-nilai kebangsaan, religius, dan kerakyatan sebagai dasar visi dan misi partai.

Advertisement

 

Berikut susunan pengurus Prima periode 2020-2025:

Ketua Majelis Pertimbangan Partai (MPP) : R. Gautama Wiranegara

Ketua Umum: Agus Jabo Priyono

Sekretaris Jenderal: Dominggus Oktavianus Kiik

Bendahara Umum: Diena Charolin Mondong

Advertisement

Wakil Ketua Umum: Alif Kamal, Maaruf Asli Bhakti dan Wahida Baharuddin Upa

Wakil Sekretaris Jenderal: Rini Hartono dan Surya

Wakil Bendahara Umum: Minaria Christyn Simarmata dan Kelik Ismunanto

Juru Bicara: Farhan Abdillah Dalimunthe, Rintis Yulianah, Samsudin Saman, Fentia Budiman, Arkialos Baho, Intan Nurbakti, dan Mesak Habary.

 

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif