News
Kamis, 23 Februari 2012 - 12:49 WIB

PRAKIRAAN CUACA: Mei, Awal Musim Kemarau

Redaksi Solopos.com  /  Arif Fajar Setiadi  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi prakiraan cuaca

Ilustrasi prakiraan cuaca

JAKARTA-Hujan deras yang mengguyur wilayah Indonesia sepertinya masih akan terus berlangsung hingga April mendatang. Karena Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG) memprakirakan awal musim kemarau umumnya terjadi pada Mei 2012, yaitu di 342 Zona Musim (ZOM).

Advertisement

“Ada tambahan air tapi lemah di Indonesia bagian timur, sedangkan Dipole Mode normal dan suhu muka laut di Pasifik tengah pada Maret hingga Mei kondisi dingin,” kata Kepala BMKG Sri Woro B Harjono di Jakarta, Kamis (23/2/2012).

Lebih lanjut Sri Woro mengatakan, puncak musim kemarau terjadi pada Juni, Juli, dan Agustus 2012.

Sedangkan pada Juni musim kemarau terjadi di 83 ZOM. Namun sebagian wilayah awal musim kemarau sudah terjadi pada Februari sebanyak empat ZOM, Maret satu ZOM, April 79 ZOM.

Advertisement

Sementara pada Juli awal musim hujan terjadi di 34 ZOM, Agustus di 13 ZOM, September satu ZOM dan Oktober di satu ZOM.

Berdasarkan analisis dan prediksi dinamika atmosfer dan laut, pada akhir Januari 2012 kondisi Ekuator Pasifik Tengah berada pada kondisi La Nina lemah hingga memasuki Februari.

Beberapa analisis menunjukkan kondisi La Nina lemah hingga normal akan dominan hingga pertengahan 2012 sehingga memberikan indikasi bahwa awal musim kemarau di wilayah Indonesia berada pada kisaran normal.

Advertisement

Sejumlah daerah yang awal musim kemarau terjadi pada Februari yaitu Sumatera tepatnya di Aceh bagian utara dan timur, Kota Sungai Penuh serta Kerinci bagian utara dan tengah. Sementara sebagian daerah di Pulau Sumatera memasuki musim kemarau pada Mei, Juni dan Juli 2012.

Sedangkan sebagian besar wilayah Pulau Jawa memasuki musim kemarau pada April dan Mei hingga Juni 2012. Sementara di Bali, Nusa Tenggara Barat dan Nusa Tenggara Timur musim kemarau terjadi masuk pada Maret, April, Mei.

Di Pulau Kalimantan memasuki musim kemarau pada Mei, Juni dan Juli. Sulawesi pada April, Mei, Juni, Juli, Agustus dan Oktober. Sedangkan di Maluku dan Papua musim kemarau masuk pada Mei, Juni, Juli, Agustus dan September. Antara

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif