News
Kamis, 5 Oktober 2023 - 09:31 WIB

Prabowo, SBY dan Megawati Hadiri HUT ke 78 TNI di Monas

Erta Darwati  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo menaiki tank untuk memeriksa pasukan upacara dalam HUT ke-78 TNI di Monumen Nasional, Jakarta, Kamis (5/10/2023). (ANTARA/Indra Arief Pribadi)

Solopos.com, JAKARTA — Hari Ulang Tahun (HUT) ke-78 Tentara Nasional Indonesia (TNI) digelar di Monumen Nasional (Monas) Jakarta, pada Kamis (5/10/2023).

Dalam perayaan HUT TNI tersebut sejumlah tokoh hadir antara lain Presiden Joko Widodo (Jokowi), Menteri Pertahanan Prabowo Subianto, Presiden ke 6 RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY), dan Presiden ke 5 Megawati Soekarnoputri. 

Advertisement

SBY tampak duduk di samping Prabowo Subianto. Dia datang mengenakan pakaian militer kebesarannya. Sedangkan Megawati berada di jajaran lainnya. 

Adapun, perayaan HUT TNI ke-78 kali ini akan memamerkan atraksi pesawat di langit Jakarta, serta menunjukkan sebanyak 130 alutsista.  

Advertisement

Adapun, perayaan HUT TNI ke-78 kali ini akan memamerkan atraksi pesawat di langit Jakarta, serta menunjukkan sebanyak 130 alutsista.  

Selain itu, tema dari HUT ke-78 TNI adalah TNI Patriot NKRI, Pengawal Demokrasi untuk Indonesia Maju. Lalu, akan ada sebanyak 4630 personel yang akan turut memeriahkan.  

Marsekal Madya Arif Widianto, Asisten Personel Panglima TNI menyatakan bahwa akan ada 91 pesawat tempur yang dikerahkan.  

Advertisement

Dia menjelaskan ada perbedaan HUT TNI kali ini dengan perayaan di tahun sebelumnya, yaitu sebanyak 678 prajurit dikerahkan hingga mencetak rekor MURI.  

“Tentunya salah satu keunikan akan kita tampilkan berbagai macam demo yang salah satunya adalah kolonel 08 yang terdiri dari 678 yang ini adalah salah satu kegiatan memecahkan rekor MURI, karena memang kolonel 08 ini dilaksanakan dari 3 matra dengan jumlah 678 prajurit TNI,” ujarnya.  

Lebih lanjut, dia menyatakan akan memberikan kejutan kepada masyarakat dalam HUT ke-78 TNI tersebut, setelah tahun sebelumnya dilanda Covid-19. 

Advertisement

 “Dari ketiga angkatan ini tentunya kita akan memberikan suatu surprise kepada masyarakat bahwa apa yang diberikan masyarakat kepada TNI tentunya akan ditampilkan yang mana 2 tahun sebelumnya kita peringatan HUT TNI ini terkendala dengan adanya Covid,” tambahnya. 

 

Artikel ini telah tayang di Bisnis.com dengan judul “Prabowo, SBY dan Megawati Hadiri HUT ke 78 TNI di Monas”

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif