News
Sabtu, 23 Maret 2024 - 14:01 WIB

Potensi Nasdem Merapat Kubu Prabowo, Pengamat: Tergantung Hasil Gugatan ke MK

Newswire  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Presiden terpilih periode 2024-2029 Prabowo Subianto (kiri) bersama Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh (kanan) memasuki NasDem Towe untuk melakukan pertemuan di Jakarta, Jumat (22/3/2024). Kedatangan Prabowo Subianto tersebut untuk bersilaturahmi dengan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh usai KPU menetapkan Capres-Cawapres nomor urut 2 Prabowo Subianto dan Gibran Rakabuming Raka sebagai Presiden dan Wakil Presiden terpilih periode 2024-2029. ANTARA FOTO/Galih Pradipta

Solopos.com, JAKARTA — Pengamat politik Universitas Padjadjaran Yusa Djuyandi mengatakan bahwa kemungkinan Partai Nasdem untuk merapat ke kubu Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka mempertimbangkan hasil gugatan pemilu di Mahkamah Konstitusi (MK).

“Boleh jadi, tetapi itu akan terjadi kalau upaya terakhir melalui MK gagal,” kata Yusa, Jumat (22/3/2024), dilansir Antara.

Advertisement

Sementara itu, ia menyebut koalisi partai pendukung pasangan Calon Presiden dan Wakil Presiden RI Anies Baswedan-Muhaimin Iskandar tidak terlalu terdampak dengan kunjungan Prabowo ke Kantor DPP Partai Nasdem, Nasdem Tower, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

“Saat ini belum terlalu banyak perubahan. Timnas (Tim Nasional AMIN) 01 saya lihat tetap konsisten ingin mencari keadilan lewat MK,” ujarnya.

Advertisement

“Saat ini belum terlalu banyak perubahan. Timnas (Tim Nasional AMIN) 01 saya lihat tetap konsisten ingin mencari keadilan lewat MK,” ujarnya.

Walaupun demikian, pengamat politik Universitas Indonesia Cecep Hidayat mengatakan bahwa saat ini masyarakat harus membedakan Timnas AMIN dengan koalisi pendukung Anies-Muhaimin yang terdiri dari Partai Nasdem, Partai Kebangkitan Bangsa, dan Partai Keadilan Sejahtera.

“Sekarang harus dibedakan partai-partai pendukung 01 dengan Timnas 01. Sekarang kan yang berjuang di MK itu timnas 01. Mungkin partai-partainya bisa balik badan juga,” kata dia.

Advertisement

“Sekarang tinggal Timnas AMIN-nya yang akan bertanding di MK. Ya harapannya mereka tetap berusaha optimal, meskipun mungkin partai-partai pendukungnya pada Pilpres sudah balik badan,” ujarnya.

Sebelumnya, Prabowo mengatakan bahwa dirinya datang ke Kantor DPP Partai Nasdem untuk menemui Surya Paloh dan menghormati ucapan selamat dari Ketua Umum Partai Nasdem tersebut.

Ia mengatakan bahwa Surya Paloh langsung mengucapkan selamat kepada dirinya dan Cawapres RI Gibran Rakabuming Raka setelah Komisi Pemilihan Umum (KPU) RI menetapkan pasangannya unggul pada Pilpres 2024.

Advertisement

“Ketua Umum Nasdem Pak Surya Paloh langsung mengucapkan selamat, dan untuk menghormati ucapan tersebut, saya datang dan diterima hari ini di markas Partai Nasdem,” kata Prabowo saat konferensi pers usai bertemu Surya Paloh di Nasdem Tower, Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Sementara itu, Partai Nasdem tidak menutup kemungkinan untuk bergabung dengan kubu Prabowo-Gibran, setelah menerima kunjungan dari Ketua Umum Partai Gerindra itu di Nasdem Tower, Jakarta, Jumat.

“Kita lihat perkembangan ke depan,” kata Surya Paloh kepada awak media setelah mengantar kepergian Prabowo dari gedung kantornya di Jakarta, Jumat (22/3/2024).

Advertisement

Adapun Tim Hukum AMIN telah menyambangi Mahkamah Konstitusi (MK) untuk mendaftarkan secara resmi permohonan perkara Perselisihan Hasil Pemilihan Umum (PHPU) atau gugatan pemilu.

“Alhamdulillah, kami telah resmi mendaftarkan ke MK. Pagi ini, kami didampingi oleh Kapten Tim Nasional AMIN, Syaugi. Alhamdulillah, kawan-kawan dari MK menerima dengan baik,” kata Ketua Tim Hukum Nasional AMIN Ari Yusuf Amir di Gedung MK, Jakarta, Kamis (21/3/2024).

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif