News
Minggu, 27 Desember 2015 - 03:10 WIB

POTENSI LAUT : Laut 0 – 4 Mil Bakal Dikelola Berbasis Konservasi

Redaksi Solopos.com  /  Septina Arifiani  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Nelayan memasukkan ikan ke dalam wadah berpendingin di TPI Popoh, Tulungagung, (JIBI/Solopos/Antara/Destyan Sujarwoko)

Potensi laut Indonesia yang sangat besar akan dikelola dengan cara bijak. Di area 0-4 mil akan dikelola dengan berbasis konservasi.

Solopos.com, JAKARTA – Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) akan menerapkan program pengelolaan wilayah laut berbasis konservasi yang berada di area 0 sampai 4 mil. Hal tersebut diungkapkan Direktur Pengelolaan Sumber Daya Ikan Ditjen Perikanan Tangkap KKP, Toni Ruchimat saat konferensi pers di Jakarta, Senin (21/12/2015).

Advertisement

“Melihat 0 hingga 4 mil, tidak menutup kemungkinan masih ada daerah untuk penangkapan dan pengelolaan ikan”, terangnya.

Toni menambahkan, dilakukannya pengelolaan ikan di zona 0 hingga 4 mil, dimaksudkan agar sumber daya ikan di kawasan tersebut bisa beregenerasi demi menjamin kelangsungan habitat ikan dan penunjangnya seperti terumbu karang.

“Bukan berarti tidak boleh menangkap. Hanya saja dibatasi, mulai dari kapal yang boleh menangkap hanya di bawah 10 GT (Gross Ton) sampai pembatasan alat tangkapnya karena tujuannya kan perikanan berkelanjutan,” lanjutnya sebagaimana diberitakan di situs Kkp.go.id.

Advertisement

Dalam lain kesempatan, Direktur Jenderal Perikanan Tangkap, Narmoko Prasmadji menambahkan, tahun depan KKP akan mengatur aktivitas penangkapan ikan, baik yang dilakukan oleh nelayan kecil maupun pengusaha ikan dengan kapal besar. Langkah ini dilakukan guna mengimplementasikan sejumlah aturan guna menjaga kelestarian ekosistem laut.

“Berdasarkan angka scientific yang saya dapat, produksi ikan tangkap tahun depan bahkan bisa di atas 8 juta ton. Maka dari itu harus kita optimalkan namun juga patut dikendalikan,” pungkasnya.

Sebelumnya, KKP telah menargetkan 20 juta hektar (Ha) kawasan konservasi laut di Indonesia pada 2020. Saat ini, jumlah kawasan konservasi telah mencapai 16 juta Ha yang terletak di zona 0-4 mil.

Advertisement

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif