News
Sabtu, 6 Agustus 2011 - 17:06 WIB

Polres Kudus siapkan tujuh pos pengamanan mudik dan balik Lebaran

Redaksi Solopos.com  /  R. Bambang Aris Sasangka  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Kudus (Solopos.com) – Polres Kudus akan menyiapkan tujuh pos pengamanan di sepanjang jalur mudik untuk membantu kelancaran dan keamanan selama arus mudik dan balik Lebaran 2011. Menurut Kapolres Kudus AKBP Raden Slamet Santoso melalui Kasat Lantas AKP Wahyudi Satriyo Bintoro, Sabtu (6/8/2011), pos tersebut akan ditempatkan di lokasi strategis dan rawan terjadi kemacetan. Ketujuh pos tersebut ditempatkan di Terminal Induk Jati, Bareng, Ramayana, Matahari, Pasar Kliwon, Terban, dan Swalayan Ada.

Pos tersebut akan disiapkan sejak H-10 Lebaran, sedangkan pengoperasiannya dimulai pada H-8 Lebaran. Masing-masing pos tersebut, akan disiagakan sejumlah personel Polri bekerja sama dengan beberapa instansi.”Kami juga menyiagakan personel mobile dengan sembilan unit kendaraan roda dua dan dua kendaraan roda empat,” ujar Kasatlantas.

Advertisement

Ditambahkannya, daerah rawan kemacetan di Kudus terutama di kilometer delapan Jalan Kudus-Pati, tepatnya di depan Pasar Jekulo. Selain itu, lanjut dia, lebar jalan di wilayah tersebut cukup terbatas, sehingga turut mempengaruhi kelancaran arus lalu lintas. Kondisi tersebut diperparah dengan aktivitas kendaraan tradisional, seperti becak dan andong, serta keluar masuk kendaraan dari jalan pertigaan, sehingga turut menyumbang terjadinya ketersendatan arus lalu lintas kendaraan yang melintas Jalan Kudus-Pati.

Untuk meminimalkan terjadinya ketersendatan arus lalu lintas, katanya, Satlantas Polres Kudus akan menyiagakan sejumlah personel untuk mengatur arus lalu lintas dan pemasangan gason pembatas jalan. Mobil derek juga disiagakan di dua titik, yakni di Terminal Induk Jati dan Bareng.

Terkait sisa material yang sebelumnya digunakan untuk pembangunan saluran air di sepanjang Jalan Pati-Kudus, ujar Kasatlantas pula, pihak pengembang diimbau menyiapkan rambu-rambu agar tidak terjadi kecelakaan yang disebabkan karena keberadaan material tersebut.

Advertisement

JIBI/SOLOPOS/Ant

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif