News
Senin, 8 Mei 2023 - 14:10 WIB

PKS: Sandiaga Uno dan Aher Bisa Jadi Kandidat Cawapres Anies Baswedan

Surya Dua Artha Simanjuntak  /  Mariyana Ricky P.D  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Pasangan calon nomor urut 3 Anies Baswedan (kiri)-Sandiaga Uno, mengikuti debat publik final di Jakarta, Jumat (10/2/2017) malam. (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Presiden Partai Keadilan Sejahtera (PKS) Ahmad Syaikhu mengatakan Sandiaga Uno bisa menjadi kandidat calon wakil presiden (cawapres) Anies Baswedan, selain bisa juga berpasangan dengan Ahmad Heryawan alias Aher.

Sebagai informasi, PKS bersama Partai NasDem dan Partai Demokrat sudah sepakat mengusung Anies jadi calon presiden (capres) untuk Pilpres 2024. 

Advertisement

Meski begitu, hingga kini mereka belum menentukan siapa cawapres untuk Anies. “Iya sangat mungkin [duet Anies-Sandi] kalau memang itu bisa diwujudkan ya,” ujar Syaikhu di Kantor KPU, Jakarta Pusat, Senin (8/5/2023), mengutip Bisnis.com.

Dia mengaku pernah mengajukam duet Anies-Sandi sebagai capres-cawapres. Oleh sebab itu, Syaikhu tak menutup kemungkinan Sandi kembali dipasangkan dengan Anies. 

Advertisement

Dia mengaku pernah mengajukam duet Anies-Sandi sebagai capres-cawapres. Oleh sebab itu, Syaikhu tak menutup kemungkinan Sandi kembali dipasangkan dengan Anies. 

Sebelumnya, Anies dan Sandi memang pernah berduet dalam ajang Pilgub DKI Jakarta 2017. Saat itu, pasangan Anies-Sandi berhasil menang namun di tengah masa jabatan, Sandi meninggal Anies untuk jadi cawapres untuk Prabowo Subianto dalam ajang Pilpres 2019.

“Saya pernah bahkan menginisiasi ini [duet Anies-Sandi] ketika setahun lalu dalam pertemuan di Makassar. Tentu politik ini dinamis dan masih sangat mungkin bisa terjadi,” ungkap Syaikhu.

Advertisement

“Harapan kami adalah ketika menentukan cawapres ini bukan hanya sekedar simbolis, tapi kita ingin bahwa cawapres yang dibawa oleh Anies ini akan bisa membawa efek kemenangan di 2024,” jelasnya.

Sebelumnya, Sandi sudah mengundurkan diri dari Partai Gerindra. Belakangan, dia menyatakan ingin kembali berjuang dengan PKS.

Selain Sandi, nama Mantan Gubernur Jawa Barat (Jabar) Ahmad Heryawan alias Aher juga masuk dalam radar Cawapres Anies, meski juga dicalonkan sebagai anggota legislatif dari PKS. 

Advertisement

Aher didaftarkan jadi caleg DPR RI dari daerah pemilihan (dapil) Jabar II yang meliputi Kabupaten Bandung dan Kabupaten Bandung Barat.

Meski didaftarkan jadi caleg, PKS tetap berharap Aher dapat jadi cawapres untuk Anies Baswedan. Syaikhu berpendapat, tak ada hubungan antara pencalegan dengan pencapresan.

Oleh sebab itu, PKS tetap Aher sebagai bakal caleg DPR RI sekaligus kandidat cawapres untuk Anies. 

Advertisement

“Ya kan enggak ada kaitan, ini cawapres Anies kan tidak mensyaratkan juga harus mundur dari caleg. Kan masih, belum ini, masih proses [pencarian cawapres Anies]. Jadi kita liat saja nanti perkembangan-perkembangan,” ujarnya.

 

Sumber: Bisnis.com

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif