News
Kamis, 15 Mei 2014 - 21:26 WIB

PILPRES 2014 : Partai Demokrat Lirik Sultan HB X

Redaksi Solopos.com  /  Rini Yustiningsih  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Sri Sultan Hamengku Buwono X (JIBI/Harian Jogja/dok)

Solopos.com, JAKARTA— Wakil Sekretaris Jenderal (Wasekjen) Partai Demokrat Ramadhan Pohan mengatakan Gubenur D.I. Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X dapat menyaingi elektabilitas dan popularitas capres Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Joko Widodo atau Jokowi.

“Popularitas dan elektabilitas Sultan tinggi, tanpa perlu disurvei pun semuanya sudah kenal siapa Sultan, rakyat juga memiliki penilaian yang baik terhadap sosok Sultan,” kata Ramadhan ketika dijumpai seusai menghadiri acara diskusi di Jakarta, Kamis (15/5/2014).

Advertisement

Ramadhan mengungkapkan pihaknya mendapat masukan untuk memasangkan kader Partai Golkar Sri Sultan Hamengkubuwono X dengan salah satu peserta konvensi capres Partai Demokrat Gita Wirjawan.

“Kalau keduanya dipasangkan akan menjadi pasangan yang cantik, apalagi kami juga mendapat temuan kalau wacana memunculkan pasangan ini mendapat respon positif” ujarnya.

Advertisement

“Kalau keduanya dipasangkan akan menjadi pasangan yang cantik, apalagi kami juga mendapat temuan kalau wacana memunculkan pasangan ini mendapat respon positif” ujarnya.

Menurutnya, dengan memasangkan Sultan dengan Gita, maka Partai Golkar dan Partai Demokrat dapat membentuk poros baru, tanpa harus terpaku pada dua poros yang sudah terbentuk yaitu poros Partai Gerindra dan poros PDIP.

“Kita jangan hanya terpengaruh kepada 2 poros saja, menjelang pilpres ini situasi bisa terus berubah, bisa saja Demokrat bekerjasama dengan Golkar membentuk poros baru,” ucapnya.

Advertisement

Ramadhan yang juga menjabat sebagai Anggota DPR Komisi I ini mengungkapkan pihaknya akan mempertimbangkan wacana mengusung pasangan Sultan dan Gita dan akan mendiskusikannya dalam rapat pimpinan nasional (Rapimnas) pada Minggu (18/5).

” Pokoknya ditunggu saja nanti tanggal 18 akan ada pengumuman penting, saat itu Demokrat dan Golkar kan sama-sama sedang menggelar rapimnas,” ungkapnya.

Namun, dia enggan untuk menjelaskan apakah pengumuman tersebut berkaitan dengan keputusan terkait kesepakatan koalisi antara Partai Golkar dan Partai Demokrat.

Advertisement

Lebih lanjut, dia mengungkapkan Partai Demokrat akan mengumumkan nama pemenang konvensi capres Partai Demokrat pada Jumat (16/5/2014).

Sebelumnya, Ketua Harian Partai Demokrat Syarief Hasan mengatakan bahwa nama Sultan Hamengkubowono X masuk kedalam radar pencapresan untuk dipasangkan dengan salah satu peserta konvensi yang keluar sebagai pemenang.

Syarief mengungkapkan usulan untuk meminang Sultan ini berasal dari masukan Anggota Majelis Tinggi Partai Demokrat, karena dinilai memiliki latar belakang yang baik, dicintai rakyatnya, dan berpengalaman di bidang pemerintahan.

Advertisement

Sementara itu, pengamat dari Saiful Mujani Research and Consulting (SMRC) Djayadi Hanan mengimbau Partai Demokrat untuk segera menentukan sikap, atau terancam hanya akan menjadi penonton pada Pilpres 2014.

“Partai Demokrat makin terancam tidak relevan dan kehilangan momentum pada Pilpres, kalau tidak cepat-cepat tentukan pergerakan, maka hanya bisa menjadi penonton pada pilpres,” kata Djayadi.

Menurutnya, pilihan Partai Demokrat semakin terbatas, satu-satunya peluang Demokrat untuk mendapatkan kembali perannya pada pilpres hanya dapat diperoleh dengan menggandeng Golkar sebagai rekan koalisinya.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif