News
Selasa, 8 Desember 2015 - 13:15 WIB

PILKADA SERENTAK 2015 : KPU Asing Ikut Cermati Pilkada Serentak

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Ilustrasi pemungutan suara (JIBI/Solopos/Antara)

Pilkada serentak 2015 dilaksanakan Kamis, 9 Desember 2015.

Solopos.com, JAKARTA – Ajang pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak 2015 yang akan digelar di Tanah Air, Rabu (9/12/2015) mendapat perhatian dari penyelenggara pemilu sejumlah negara tetangga serta lembaga internasional.

Advertisement

Hal itu terungkap saat Wakil Presiden Jusuf Kalla membuka acara Program Kunjungan Pemilihan Umum bagi Penyelenggara Pemilu Regional 2015 atau Election Visit Program for Head of Regional Election 2015 di Istana Wakil Presiden pada Selasa (8/12/2015).

Dalam acara tersebut, hadir Ketua dan anggota Komisi Pemilihan Umum (KPU) Indonesia, serta para peserta program.

Peserta kegiatan terdiri dari penyelenggara Pemilu dari luar negeri, antara lain Malaysia, Thailand, Srilanka, Tunisia, Bangladesh, Korea Selatan, Palestina, dan Australia.

Advertisement

Peserta lain berasal dari 25 perwakilan duta besar negara sahabat, serta lembaga-lembaga internasional pemerhati dan penggiat Pemilu nasional. Selain itu, hadir 10 rektor universitas nasional, dan perwakilan kementerian dan lembaga terkait.

Ketua KPU Husni Kamil Manik menyampaikan Indonesia telah mengalami kemajuan dalam praktik demokrasi, termasuk perkembangan pelaksanaan Pemilu nasional.

Hal itu tercermin dari berjalannya pemilihan anggota legislatif dan pemilihan presiden dan wakil presiden secara langsung beberapa waktu lalu. Agenda terdekat, pemilihan kepala daerah akan dilakukan serentak di sejumlah wilayah pada 9 Desember 2015.

Advertisement

“Agenda dalam kegiatan program ini, kami akan memaparkan penyelenggaraan Pilkada 2015,” ujar Husni.

Selanjutnya, peserta program akan berkunjung ke tempat pemungutan suara yang berlokasi di Tangerang Selatan, Rabu (9/12/2015).

Dia berharap, kunjungan tersebut dapat menjelaskan upaya penyelenggara Pemilu untuk meningkatkan kualitas penyelenggaraan Pemilu, baik secara umum di Indonesia maupun secara khusus dalam Pilkada.

Advertisement
Kata Kunci : Pilkada Serentak 2015
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif