News
Kamis, 10 Desember 2015 - 17:15 WIB

PILKADA SERENTAK 2015 : JK Apresiasi Banyak Perempuan Unggul dalam Pilkada

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (JIBI/Solopos/Antara/Agus Trimukti)

Pilkada serentak 2015 kemarin telah mneyelesaikan tahapan pemungutan suara.

Solopos.com, JAKARTA – Pemerintah mengklaim pelaksanaan pemungutan suara pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada Rabu (9/12/2015) berjalan lancar dan aman.

Advertisement

“Bagus pelaksanaannya, aman. Tidak ada konflik-konflik, yang dilaporkan hanya insiden-insiden kecil, tapi bukan pokok,” kata Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) di Jakarta, Kamis (10/12/2015).

Secara keseluruhan pelaksanaan pilkada di 264 kabupaten dan kota berjalan lancar, tapi perlu diperhatikan saat hasil pemilihan diputuskan. Dalam hitung cepat pilkada serentak, kebanyakan petahana (incumbent) meraih suara terbanyak.

Menurut Kalla, hal tersebut wajar karena petahana memang mempunyai kelebihan karena lebih dikenal.

Advertisement

“Itukan karena dikenal, disukai kemudian dipilih. Selama incumbent disukai pasti terpilih karena lebih mudah dikenal,” beber JK.

Terlebih lagi sistem kampanye saat ini berbeda dari sebelumnya karena sekarang tidak boleh berlebihan dengan kampanye terbuka dan memasang baliho di mana-mana.

Dari hasil hitung cepat sejumlah daerah cukup banyak calon kepala daerah perempuan yang meraih suara terbanyak yang ditanggapi oleh Wapres, kesetaraan gender di Indonesia sudah baik.

Advertisement

“Itu tidak ada masalah lagi, dan perempuan kalau bekerja serius cepat majunya,” tambah dia.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif