News
Rabu, 9 Desember 2015 - 12:15 WIB

PILKADA SERENTAK 2015 : 5 Daerah Batal Gelar Pilkada, Ini Kata JK

Redaksi Solopos.com  /  Rohmah Ermawati  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Wakil Presiden Jusuf Kalla (Dwi Prasetya/JIBI/Bisnis)

Pilkada serentak 2015 batal diikuti 5 daerah lantaran ada keputusan PTUN.

Solopos.com, JAKARTA – Lima daerah di Indonesia batal melaksanakan pemilihan kepala daerah (pilkada) serentak pada Rabu (9/12/2015) ini.

Advertisement

Terkait hal itu, Wakil Presiden Jusuf Kalla (JK) mengaku pemerintah tak bisa bertindak apa-apa karena hal itu terjadi berdasarkan keputusan pengadilan.

“Itu keputusan last minute PTUN [Pengadilan Tata Usaha Negara]. Ya bagaimana itu putusan pengadilan,” kata dia, Rabu (9/12/2015).

Menurut aturan, jelasnya, jika terjadi masalah hukum, Pilkada harus ditunda sampai 21 hari. Untuk itu, seluruh pihak harus menaati peraturan hukum yang berlaku.

Advertisement

Dalam kesempatan tersebut, Kalla juga menyampaikan Pilkada serentak jauh lebih efisien dibandingkan proses Pilkada yang dijalankan masing-masing daerah pada waktu berbeda.

“Kampanye bersama mengurangi biaya jadi tidak terlalu besar, tidak melibatkan konflik-konflik,” tutur dia.

Sebelumnya, Menteri Dalam Negeri Tjahjo Kumolo memastikan satu provinsi dan empat kabupaten/kota tidak mengikuti pilkada serentak. Antara lain, Provinsi Kalimantan Tengah, Kabupaten/Kota Fak-fak, Manado, Pematang Siantar, dan Simalungun.

Advertisement

Alasannya, salah satu pasangan calon di lima daerah itu tengah mengajukan gugatan dan diproses secara hukum oleh pengadilan daerah setempat.

Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif