News
Senin, 17 Maret 2014 - 18:11 WIB

PESAWAT MALAYSIA AIRLINES HILANG : Pilot MH370 Mampu Mengendalikan 2 "Pesawat" Sekaligus

Redaksi Solopos.com  /  Adib Muttaqin Asfar  | SOLOPOS.com

SOLOPOS.COM - Foto dokumen pilot dan co-pilot Malaysia Airlines MH370, Kapten Zaharie Ahmad Shah (kanan) dan Fariq Abd Hamid. (JIBI/Solopos/Antara/Twitter/Facebook)

Solopos.com, KUALA LUMPUR — Polisi Malaysia menemukan beberapa fakta tentang pilot dan co-pilot di kokpit pesawat Malaysia Airlines MH370 yang selama ini tak diketahui publik. Salah satunya adalah kemampuan sang pilot, Kapten Zaharie Ahmad Shah, yang mampu mengendalikan dua game simulator pesawat dengan enam monitor sekaligus.

Seperti dilaporkan CNN, Senin (17/3/2014), polisi Malaysia telah mendatangi rumah Zaharie setiap hari sejak pesawat MH370 hilang. Beberapa pihak memperkirakan polisi menemukan sebuah simulator kemudi pesawat di rumah itu. Meski belum terkonfirmasi, dugaan itu cukup beralasan mengingat Zaharie pernah mengunggah sebuah video yang memperlihatkan dirinya di sebuah simulator kemudi pesawat.

Advertisement

Dalam sebuah forum online Jerman untuk komunitas pehobi simulator, X-Sim.de, terdapat sebuah posting yang memperlihatkan kemampuan Zaharie. Posting yang diunggah pada November 2014 dengan nama Zaharie itu memamerkan kemampuan Zaharie yang tidak biasa dimiliki oleh pilot pesawat komersial pada umumnya. “Sebulan lalu, aku telah menyelesaikan gabungan FSX dan FS9 dengan enam monitor,” tulis pesan yang tertanda Capt. Zaharie Ahmad Shah BOEING 777 MALAYSIA AIRLINES itu.

Flight Simulator (FS) X dan FS9 adalah game besutan Microsoft Game Studios yang memberikan tantangan simulasi untuk orang–orang yang antusias terhadap dunia penerbangan. Hal ini menguatkan spekulasi keterlibatan Zaharie dalam hilangnya pesawat Boeing 777-200ER yang dikendalikannya.

Hilangnya pesawat dari radar dan matinya transponder pesawat menunjukkan ada orang yang sangat ahli atau menguasai detil pesawat di dalam kokpit. Perhatian mengarah kepada sang pilot yang menguasai seluk-beluk pesawat itu.

Advertisement

Namun, Jumat (14/3/2014) lalu, CEO Malaysia Airlines juga mengatakan setiap orang bisa saja menyalurkan hobinya, termasuk bermain game simulasi pesawat. Zaharie sendiri telah menghabiskan 18.365 jam terbang di dalam kokpit pesawat. Dia juga diketahui menjadi instruktur penerbangan.

Advertisement
Advertisement
Advertisement
Berita Terkait
Advertisement

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif